Home Humaniora 1.509 Warga Kota Kupang Terinfeksi HIV/AIDS

1.509 Warga Kota Kupang Terinfeksi HIV/AIDS

9053
0
SHARE

Kepala Dinkes Kota Kupang, drg. Retnowati/ foto dok

Kupang, terasntt.com — Hingga Juli 2019 lalu, tercatat 1.509 warga Kota Kupang terinfeksi HIV/AIDS.

Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Kesehatan Kota Kupang, drg. Retnowati kepada wartawan di ruang kerjanya, Kamis (12/9/2019).

Ia merincikan, dari jumlah tersebut sebanyak 1.069 menderita HIV dan 440 terinfeksi AIDS.
Berdasar usia kata Retno, dari total penderita tersebut sebagian besar berada pada usia 25 sampai 49 tahun.

“Penularan kasus ini sebagian besar melalui hubungan seks,” katanya.

Untuk pencegahan penyebaran penyakit mematikan itu kata Retno, dapat ditempuh melalui tiga cara yaitu A, B, dan C atau dapat diartikan prinsip Abstinence, be faithfull, condom, dan no drugs.

“Abstinence berarti tidak berhubungan dengan orang lain selain pasangan, B dari be faithfull saling setia terhadap pasangannya, dan C condom, menggunakan kondom jika pasangan kita mengidap HIV/AIDS atau jika kita tidak yakin terhadap pasangan kita,” ujarnya.

Kepala Bidang Penanggulangan dan Pemberantasan Penyakit (P2P) Dinkes Kota Kupang, Sri Wahyuningsih sebelumnya mengatakan, hasil pendataan yang dilakukan pihaknya terungkap, penderita penyakit Human Immunodeficiency Virus-Acquired Immuno Deficiency Syndrome (HIV-AIDS) di Kota Kupang, didominasi laki-laki.

“Data April 2019, ada 49 temuan penderita HIV-AIDS yang baru. Setiap hari selalu ada temuan penderita baru di Kota Kupang. Dan sementara didominasi laki-laki,” ungkap Sri kepada wartawan di kantornya, Selasa (11/6/2019) lalu.

Ia mengatakan, wilayah persebaran penderita HIV-AIDS terbanyak ditemukan di beberapa wilayah. Di antaranya di Kecamatan Maulafa sebesar 19 persen, Kelapa Lima dan Oebobo 17 persen. Sementara di Alak, Kota Lama dan Kota Raja, masing-masing 16 persen.

“Pemerintah Kota Kupang akan terus berupaya melakukan penyuluhan, pencegahan, pelayanan, pemantauan, pengendalian dan penanggulangan HIV-AIDS. Agar warga Kota Kupang hidup sehat dan sejahtera,” ungkapnya.(V5)

Berikan Komentar Anda.