Home Daerah 16 Tenaga Kerja Yang Dipulangkan Dari Wamena Tiba di Soe

16 Tenaga Kerja Yang Dipulangkan Dari Wamena Tiba di Soe

567
0
SHARE

Bus yang membawa tenaga kerja dari Wamena tiba di Soe/ foto erik sanu

Soe, terasntt.com — 16 Orang tenaga kerja asal Kabupaten TTS yang dipulangkan dari Wamena, Papua tiba di Soe, Sabtu (19/10/2019). Mereka diterima Kadis Sosial, Nikson Nomleni di dinas setempat sebelum diantar ke kampung halamannya masing -masing.

Kepada Nikson, para tenaga kerja mengaku, trauma usai menyaksikan dan mengalami secara langsung kerusuhan di Wamena. Bahkan, ada diantara mereka yang juga mengalami penganiayaan saat kerusuhan, namun beruntung berhasil menyelamatkan diri.

” Jujur, kami semua di sini trauma lihat dan alami langsung kerusuhan di Wamena. Apa yang ada di media, itu tidak seberapa dari yang sesungguhnya,” ungkap perwakilan tenaga kerja, Adi Sanam.

Para tenaga kerja tersebut mengungsi ke Jayapura, dari Wamena diangkut menggunakan pesawat Hercules. Setelah tiba di Jayapura, selama seminggu para tenaga kerja sempat mengungsi di markas TNI.

Selanjutnya, bersama para tenaga kerja asal Propinsi NTT lainnya, mereka dipulangkan dengan kapal laut.

Kurang lebih satu minggu lamanya para tenaga kerja asal Propinsi NTT berlayar dari Jayapura hingga sampai ke Kota Kupang. Kapal yang ditumpangi para tenaga kerja sempat berlabuh di Makassar selama sehari sebelum melanjutkan perjalanan menuju pelabuhan Tenau, Kupang.

Para tenaga kerja tersebut mengaku hanya membawa beberapa potong pakaian saat pergi dari Wamena bahkan ada yang hanya memakai pakaian di badan.

” Kami yang pulang ini rata – rata hanya bawa pakaian beberapa potong. Harta yang lain kami tinggalkan di Wamena karena keadaan memang sudah kacau. Kami beruntung masih sempat selamat karena ada yang lain harus tewas terbunuh dalam kerusuhan di Wamena,” ujar Adi.

Sementara Nikson Nomleni mengatakan, usai makan siang bersama dengan para tenaga kerja, selanjutnya Dinas Sosial Kabupaten TTS akan mengantarkan para tenaga kerja sampai ke rumah masing – masing.

” Kita sudah siap kendaraan untuk antar mereka sampai ke rumah masing-masing,” tegasnya.

Untuk diketahui, total jumlah tenaga kerja asal Kabupaten TTS yang dipulangkan dari Wamena sebanyak 18 orang. Namun dua di antaranya memutuskan untuk turun di Makasar dan di Kabupaten Kupang.(sys)

Berikan Komentar Anda.