Home Humaniora Warga Tionghoa Gelar Pentas Seni di Kupang

Warga Tionghoa Gelar Pentas Seni di Kupang

352
0
SHARE

Kupang,  Terasntt. com — Warga Tionghoa yang tergabung dalam Paguyuban Sosial Masyarakat Tionghoa Indonesia (PSMTI)  di Kupang bekerjasama dengan Konjen Tionghoa yang berkedudukan di Bali menggelar pentas seni Internasional di Aula El Tari,  Kupang,  Minggu (25/8/2018) petang. Sebanyak 30 penari datangkan langsung dari Republik Tionghoa untuk memeriahkan perayaan Imlek di Nusa Tenggara Timur.

Demikian disampaikan Ketua PSMTI NTT,  Hengki Liyanto dalam jumpa pers yang berlangsung di ruang rapat Karo Humas Setda NTT, Senin (19/2/2018).

” Pentas seni ini yang keempat kali. Kegiatan ini menunjukkan rasa solidaritas warga Tionghoa terhadap NKRI. Kami Indonesia,  Kami Pancasila dan kahadiran kami disini sudah menjadi bagian dari Indonesia. Kami berharap bisa bejerasama dan dukungan media agar pergelaran pentas seni ini bisa diketahui masyarakat umum terutama warga Thionghoa agar bisa tergugah dan lebih banyak lagi yang  datang ke Indonesia, juga NTT,” katanya.

Demikian juga Don Putra Gotama menegaskan,  bahwa mereka adalah keturunan Tionghoa yang berkewarganegaraan Indonesia.

” Kami adalah keturunan Tionghoa tapi warga negara Indonesia,” tegasnya.

Menurutnya,  PSMTI bukan organisasi politik,  tetapi organisasi ini dibentuk dengan tujuan untuk kegiatan sosial,  budaya dan pendidikan. Kegiatan pentas seni ini kaitan erat dengan pariwisata sehingga setiap tahun warga Thionghoa akan terus berdatangan ke NTT.

Sementara Sekretaris Panitia, Hengki Famdale mengatakan, ada 13 jenis seni budaya yang akan ditampilkan warga negara Republik Tionghoa selama 2, 5 jam di Aula El Tari pada tanggal 25 Februari nanti.

” Rombongan dari Tionghoa tiba di Kupang tanggal 24 dan terbang kembali ke Bali tanggal 26 sebelum kembali ke Tiongkok,” katanya.

Hal yang sama juga disampaikan Inyo Setiawan, bahwa tema yang diusung dalam pentas seni ini adalah” Kami Indonesia, Kami Pancasila dan siap membangun NTT.

Didampingi pengurus PSMTI dan panitia, Karo Humas Setda NTT,  Semuel Pakereng dan Karo Kesra Barthol Badar menyampaikan rasa terima kasih atas terselenggaranya Pentas Seni budaya Tionghoa yang juga sebagai ajang promosi bagi pariwisata Indonesia umumnya dan NTT khususnya.

” Saya berharap pasrtisipasi media untuk mensukseskan kegiatan pentas seni Tionghoa yang akan berlangsung tanggal 25 Februari nanti,” ujarnya.(mas)

Berikan Komentar Anda.