Home Profil 20 Januari, KPU Data Pemilih Pilgub NTT

20 Januari, KPU Data Pemilih Pilgub NTT

252
0
SHARE

Kupang, Terasntt.com – Komisi Pemlihan Umum (KPU) Kota Kupang akan menerjunkan tim tanggal 20 Januari sampai 18 Februari untuk melakukan pendataan terhadap pemilih guna kepentingan Pemilihan Gubernur NTT pertengahan tahun 2018 nanti.

Anggota KPU Kota Kupang, Lodowyk Fredik mengatakan hal tersebut kepada wartawan, jumad (18/1/2018)

“20 Januari sampai 18 Februari 2018 petugas akan mendatangi rumah penduduk untuk lakukan pendataan pemilih. Dan karena ini program pusat jadi tanggal 20 Januari itu di seluruh Indonesia akan didata menimal 5 rumah. Dasar yang dipakai adalah DP4 yang terdiri dari Daftar Pemilih Tetap (DPT) pemilihan Walikota Februari 2017 lalu dan pemilih pemula,” jelas Lodowyk di kantornya.

Dikatakan, petugas yang akan melakukan pendataan nanti itu telah selesai mengikuti bimbingan teknis di kantor KPU Kota Kupang 15-17 Januari.

4 Parpol Baru

Lodowyk dalam kesempatan ini juga menjelaskan tentang kehadiran 4 Parai Politik baru di Kota Kupang.

Dikatakan, pihaknya telah selesai melakukan verifikasi faktual terhadap Partai Politik (Parpol) baru yang ada di Kota Kupang. Hasilnya, Partai Perindo, PSI, Indonesia Berkarya dan Partai Garuda dinyatakan lolos.

“Kami baru selesai melakukan verifikasi faktual untuk parpol baru dimana hasilnya, Perindo, PSI, Indonesia Berkarya dan Partai Garuda dinyatakan lolos sebagai parpol baru di kota Kupang,” jelas Lodowyk.

Dikatakan, beberapa hal yang perlu diverifikasi antara lain, kepengurusan Partai dan keterwakilan perempuan dalam kepengurusan partai. Selain itu adalah anggota.

“Jumlah anggota partai minimal harus 438 orang atau seper seribu dari jumlah penduduk Kota Kupang,” kata Lodowyk.

Setelah selesai melakukan verifikasi terhadap 4 parpol baru, kata Lodowyk, muncul putusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang memerintahkan KPU untuk melakukan verifikasi faktual terhadap 12 Parpol lama demi kepentingan pemilihan legislatif 2019 mendatang.

Menurut Lodowyk, untuk melaksanakan verifikasi faktual kepada Parpol lama maka KPU Kota Kupang masih menunggu petunjuk pelaksana dari KPU pusat.

“Kami masih menunggu petunjuk karena setelah ada petunjuk pelaksana harus didukung dengan anggaran. Sebab ada tim khusus yang dibentuk untuk turun ke lapangan melakukan verifikasi,” ungkapnya.

Dijelaskan, KPU akan mengambil sampel terhadap 200 anggota dari setiap Parpol lama. Lalu verifikasi terhadap pengurus Parpol, kantor dan peralatan yang digunakan di sekretariat Parpol.

“Nanti kita akan ambil sampel secara acak lalu kita temui mereka dilapangan. Tiap parpol kita ambil sampel 200 anggota dari jumlah minimal 438 anggota yang harus dimiliki satu Parpol,” bebernya. (raf)

Berikan Komentar Anda.