3 Tentara Yaman Tewas Ditembak, Pelaku Diduga Jihadis Al-Qaeda

3 Tentara Yaman Tewas Ditembak, Pelaku Diduga Jihadis Al-Qaeda

1002
0
SHARE

Jakarta, Terasntt.com — Tiga prajurit Yaman tewas setelah ditembaki pria di zona militer di Provinsi Hadramawt. Penembak itu diduga terkait jaringan Al-Qaeda.

“Tiga tentara tewas dalam sebuah serangan di zona utama perang di distrik Al-Qoton dan penyerang berhasil kabur,” kata seorang tentara yang tak mau disebutkan namanya seperti yang dikutip dari AFP, Rabu (28/6/2017).

“Kami menduga penembak terkait Al-Qaeda,” sambung sumber itu.

Keberadaan kelompok Al-Qaeda di Yaman muncul seiring meletusnya perang saudara di negara tersebut. Hingga kini belum terlihat tanda-tanda jaringan tersebut akan menyerah.

Ekstremis Al-Qaeda di Jazirah Arab (AQAP) masih aktif di wilayah Hadramawt. Para pemimpin kelompok Al-Qaeda diketahui menetap di lokasi tersebut.

Presiden Amerika Serikat Donald Trump gencar melakukan serangan udara ke AQAP sejak menjabat pada Januari lalu. Pemerintah Yaman yang didukung Arab Saudi telah bertahun-tahun berjuang melawan pemberontak Houthi yang bersekutu dengan Iran untuk menguasai negara tersebut, yang merupakan negara termiskin di seluruh Arab.

Berdasarkan data dari WHO, lebih dari 8.000 orang terbunuh dan 40.000 lainnya terluka sejak koalisi Arab yang dipimpin Arab Saudi bergabung dalam perang Yaman pada tahun 2015.
(detik.com/gbr/ams)

Berikan Komentar Anda.