Home Humaniora 3202 Ibu Hamil Positif Mengidap HIV

3202 Ibu Hamil Positif Mengidap HIV

352
0
SHARE

Kupang, Terasntt.com – Data Januari – Juni 2017 menunjukkan dari 618.651 ibu hamil di Indonesia yang dites HIV, 3202 diantaranya positif mengidap HIV. Dari jumlah tersebut baru 740 ibu hamil HIV yang diterapi ARV (Antiretoviral).

Hal ini dikatakan Kepala Dinas Kesehatan Kota Kupang, dr. Ary Widjana, di Kupang, sabtu, (20/1/2018)

Menurutnya, tahun lalu bayi yang lahir dari Ibu positif HIV berjumlah 396 bayi. Dari jumlah tersebut, 360 bayi lahir dari Ibu HIV yang diberikan ARV profilaksis, 63 bayi yang dites EID dan 26 bayi positif HIV.

Saat ini, kata dr. Ary, di seluruh Provinsi telah mengadakan PPIA namun belum merata pelaksanaannya di semua wilayah.

“Berbagai kendala masih banyak dihadapi antara lain masih rendahnya cakupan tes HIV, Siffilis dan Hepatitis B pada Ibu hamil. Selain itu masih rendahnya terapi pada Ibu hamil terinfeksi serta masalah dalam menindaklanjuti bayi lahir dari Ibu terinfeksi HIV, Siffilis dan Hepatitis B,” kata dr. Ary.

Lebih jauh mantan Kadis Kesehatan Kabupaten Kupang ini menjelaskan, rendahnya cakupan tes salah satunya disebabkan karena tes HIV, Siffilis dan Hepatitis B baru dilaksanakan di Puskesmas dan jaringannya.

Dari data Sirkenas 2016, kata dr. Ary, hanya 38 persen Ibu hamil yang memeriksa kehamilannya di Puskesmas dan jaringannya. Sehingga pemeriksaan HIV, Siffilis dan Hepatitis B masih belum optimal dilayanan rujukan rumah sakit dan bidan praktek mandiri.

“Begitu juga dengan rendahnya terapi pada Ibu hamil terinfeksi serta follow up terhadap bayi, salah satunya terjadi karena layanan tes ada di fasyankes. Sementara terapi banyak dilakukan di fasyankes rujukan sehingga sering terjadi kesenjangan dalam menindaklanjuti terapi,” ungkap dr. Ary.  (raf)

Berikan Komentar Anda.