Home Politik 494.656 Pemilih NTT Belum Miliki e-KTP

494.656 Pemilih NTT Belum Miliki e-KTP

207
0
SHARE

Kupang, Terasntt.com – Persoalan mengenai kepemilikan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP) masih dirasakan masyarakat Nusa Tenggara Timur.

E-KTP, sebagaimana kartu identitas diri lainnya, sangat dibutuhkan masyarakat dalam kesehariannya.

Apalagi dalam masa-masa Pilkada NTT 2018 ini. Masyarakat yang tidak memiliki e-KTP, tidak akan menggunakan hak pilihnya untuk memilih kandidat yang menjadi jagoannya.

Sejauh ini, ada 494.656 masyarakat pemilih yang belum memiliki e-KTP.

“Daftar Pemilih Sementara masyarakat NTT sebanyak 3.079.903 orang. Dari jumlah itu, masih ada 494.656 orang yang sudah masuk dalam DPS tapi belum memiliki Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP),” kata Ketua KPU NTT Maryanti Adoe dalam siaran pers di Kantor KPU NTT, Kamis (29/3/2018).

Maryanti mengatakan, jumlah ini telah mengalami penurunan.

“Jumlah ini telah mengalami penurunan dari angka sekitar satu juta,” terangnya.

Dirinya mengingatkan kepada masyarakat NTT, fungsi dari e-KTP ini tidak hanya untuk urusan pilkada semata.

Dalam keseharian pun, kartu identitas diri ini sangat dibutuhkan.

“Masyarakat harus memahami, fungsi dari e-KTP ini tidak hanya dibutuhkan saat pilkada berlangsung. Dalam kehidupan sehari-hari, ataupun sewaktu mencari kerja, e-KTP sangat dibutuhkan,” katanya menjelaskan.

“Untuk itu, masyarakat segera mengurusnya, agar segala keperluan yang membutuhkan e-KTP bisa berjalan dengan lancar,” imbuhnya menegaskan.

Selain mengharapkan agar semua masyarakat saling mengingatkan mengurus e-KTP, dirinya juga berharap agar agar pihak pemerintah, dalam hal ini Discapil, bisa mendekatkan pelayanan kepada masyarakat.

“Di Kabupaten Manggarai Timur, seluruh kepala desa diminta menggerakkan masyarakat ke kantor camat agar melakukan perekaman e-KTP. Di Kabupaten Rote Ndao, Discapil turun ke masyarakat dan melakukan perekaman,” jelasnya. (raf)

Berikan Komentar Anda.