Home Daerah Apresiasi Peran Media, BPJS Bahas Rujukan Online bersama Wartawan 

Apresiasi Peran Media, BPJS Bahas Rujukan Online bersama Wartawan 

264
0
SHARE

Soe.terasntt.com — Sebagai bentuk apresiasi BPJS kesehatan atas dukungan media masa dalam mensukseskan program JKN-KIS melalui pemberitaan serta untuk meningkatkan kemitraan bersama media masa baik cetak ,elektronik maupun online di Kabupaten TTS  maka diadakan Media Gathering BPJS, kesehatan dengan tema ” Duduk bareng bahas rujukan online”
di Hotel Timor Megah, Kamis (11/10/2018).
Kegiatan yang dihadiri kepala BPJS kesehatan cabang Atambua
M. Idor Aris Munandar , cabang Soe Ivon Manafe dan beberapa staf lainnya serta wartawan media cetak /online wilayah Timor Tengah Selatan.

Dalam pemaparannya Nandar demikian sapaan M Idor Aries Munandar  mengatakan tujuan rujukan online adalah untuk membantu peserta mendapatkan pelayanan dengan kompetensi yang dibutuhkan dan jarak yang terjangkau, juga agar peserta mendapatkan fasilitas sesuai kompetensi dan pemenuhan sarana prasarana,mencegah antrian yang menumpuk pada Rumah sakit serta meminimalisir potensi penolakan pasien karna tidak membawa surat rujukan.

Ia menambahkan latar belakang adanya rujukan online adalah implementasi rujukan berjenjang,peserta rujukan harus mendapat pelayanan sesuai fasilitas yang dibutuhkan,dan juga antrian yang masih banyak serta belum ada sistem yang mengatur pelaksanaan rujukan online dan ini landasan dengan dasar  hukum UU No 40 tahun 2004 tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional, Perpres no 19 tahun 2016 tentang perubahan kedua  atas perpres No 12 tahun 2013,Peraturan Menteri Kesehatan No 1 tahun 2012 tentang sistem rujukan pelayanan kesehatan perorangan dan Permenkes No 28 tahun 2014 tentang pedoman pelaksanaan program JKN.

Menurutnya dengan adanya rujukan online sangat membantu  agar tidak perlu antri dan lewat rujukan online bisa memudahkan untuk pasien mendapatkan pelayanan secara cepat dan tepat serta tidak berbelit belit.

Diakhir pemaparan pria yang juga berprofesi dokter ini mempunyai pesan dan harapan kepada wartawan agar terus mensosialisasikan tentang rujukan online kepada publik.

” Saya berharap teman teman pers sosialisasikan lewat media masa kepada masyarakat luas dan terutama kepada orang disekitar itu sudah cukup,” ujarnya.(sys)

Berikan Komentar Anda.