Home Humaniora Arti Panggilan Dalam Pelayanan (Mengapa Harus Aku ?)

Arti Panggilan Dalam Pelayanan (Mengapa Harus Aku ?)

32
0
SHARE

Oleh: Margarita D. I. Ottu, S.Pd, M.Pd.K

MENJAWAB Panggilan Tuhan adalah Anugerah terindah untuk sebuah misi pelayanan di ladang yang telah dipercayakan”. Orang muda berjiwa muda, memiliki semangat militansi dan bersikap tangguh selayaknya seorang Laskar yang setia melayani di ladang yang telah dipercayakan.

“Panggilan” atau “Calling” adalah bagian essensi dari seorang hamba Tuhan/Abdi Allah. Karena seorang hamba Tuhan harus memahami panggilannya dengan jelas karena itu adalah bagian dari komitmen dirinya kepada Tuhan yang sudah memanggilnya ke dalam tugas dan tanggung jawab yang maha mulia yaitu pelayanan. Di samping itu, dalam melaksanakan tugas tanggung jawab dan pelayanannya ini, seorang hamba Tuhan harus memiliki kehidupan spiritualitas yang terus bertumbuh karena sesungguhnya kehidupan spiritualitas yang dinamis inilah yang menjadi dasar dan barometer bagi pelayanannya.

Pelayanan adalah sebuah panggilan jiwa yang adalah panggilan iman, panggilan hati dan panggilan hidup.

Kata – kata ini menyiratkan sebuah makna terkait dengan passion seseorang terhadap apa yang menjadi focus dalam hidupnya yang lahir dari keterlibatannya dalam satu bidang atau bagian tertentu.

Tetapi bagi pelayanan Tuhan, kata panggilan memiliki makna yang jauh lebih dari sekedar passion karena panggilan bagi pelayanan Tuhan adalah berkaitan dengan komitmen diri yang melibatkan seluruh hidup.

Panggilan yang dimaksud adalah panggilan yang didasarkan atas sebuah keyakinan bahwa panggilan itu datangnya dari Tuhan, ketika seseorang meresponi panggilan Tuhan, dengan mempersembahkan diri dan seluruh hidup bagi pelayanan pekerjaan Tuhan karena tiada pengalaman yang lebih mulia bagi seorang pelayan yang terpanggil dalam perjumpaannya dengan Allah.

Panggilan kepada pelayanan merupakan suatu panggilan yang menghasilkan gambaran tentang kehormatan dan pengabdian kepada maksud dan tujuan Allah.

Dalam syair lagu NKB 125 “Ku dengar panggilan Tuhan, pikul salib ikutlah Aku. Aku mau mengikut Dia, Yesus Tuhanku”. Banyak orang mendengar panggilan tetapi tidak semua orang merespon panggilan itu dan sedikit orang yang terpilih untuk merealisasi panggilan itu.

Hal ini menjadi keresahan bagi kaum muda yang merasa belum waktunya, belum siap, tidak berpengalaman, punya banyak waktu tapi mengisinya dengan ingin menikmati masa muda dengan bersenang-senang di dunianya.

Hal ini juga menjadi persoalan bagi orang-orang yang sudah dewasa, mapan atau berusia senja dengan alasan, sudah tua,tidak punya waktu, banyak kerja, berikan saja pada yang masih muda.

Berbagai alasanpun sering dilontarkan sebagai bentuk ketidaksediaan seseorang untuk meresponi panggilan tersebut. Hal penting di dalam panggilan seorang pelayan Tuhan adalah bahwa Allah menghendakinya untuk menjadi hamba-Nya, serta betapa dunia dan gereja membutuhkan seseorang seperti dia untuk tugas ini.

Hendaknya setiap pelayan Tuhan memahami dengan benar bahwa panggilan berarti dipakai untuk memberikan dampak pada sebagian dari dunia Allah yaitu bagian yang mulia dan kekal serta memahami dengan sesungguhnya bagaimana memandang panggilan pelayanan tersebut.

Sebuah ungkapan yang menarik untuk melukiskan indahnya panggilan pelayanan seorang hamba Tuhan adalah “Panggilan kita mengantar kita jatuh cinta ke dalam tindakan rohani yang menyenangkan yaitu kasih kita sendiri dan kasih orang lain”.

Pelayanan adalah wujud kekuatan kasih agape untuk pemulihan diri sendiri, gereja dan masyarakat.

Memang diakui bahwa akan banyak kesulitan dan tantangan yang berasal dari dalam dan luar diri seorang abdi Allah yang sering menghambat kelancaran karya pelayanannya, namun seorang abdi Allah haruslah dengan yakin dan percaya dalam iman bahwa Allah senantiasa menyediakan rahmat bagi mereka yang setia mewartakan kerajaan Allah di dunia ini.

Tidak dapat disangkal bahwa di era milenial ini, menjadi seorang abdi Allah nampaknya menjadi semakin sulit karena dituntut untuk melawan arus dunia yang bergelimangan ketenaran dan kebebasan karena itulah seorang abdi Allah haruslah memiliki komitmen yang adalah janji setia, tekad dan ketetapan yang kuat untuk melayani dengan penuh rasa tanggung jawab.

Dasar dari setiap komitmen adalah karena cinta Tuhan yang telah mengasihi kita (Yohanis 3:16), karena itulah setiap orang haruslah memberi diri untuk melayani Tuhan dengan tetap menumbuhkan komitmen mencintai panggilan Tuhan dan pelayanan yang dipercayakan-Nya serta melakukan pelayanan dengan segenap hati bukan lagi sekedar rutinitas dan hendaklah setiap orang harus memiliki rasa tanggung jawab yang merupakan ciri kedewasaan dalam melayani.

Menjadi Abdi Allah hendaknya memiliki hati mengasihi tanpa memilih dan mengampuni walaupun menyakitkan, memiliki kerelaan hati, pengabdian diri, kerendahan hati serta menjadi teladan di dalam melayani.

Seorang abdi Allah mampu mengembangkan sayap Laskar Kristus tanpa harus tertekan dan murung dalam karya pelayanan kepada Allah dan sesama.

Menjawab panggilan Tuhan adalah anugerah terindah untuk sebuah misi pelayanan di ladang yang telah dipercayakan. Merupakan sebuah panggilan istimewa bagi orang – orang istimewa untuk sebuah pelayanan istimewa adalah sebuah sejarah iman yang terpahat dan terukir indah dalam lembaran kehidupan.

Tidak peduli siapakah anda? Sudah ada dalam usia senja atau masih muda, sudah berpengalaman atau belum, berpendidikan tinggi atau tidak, tidak mempunyai banyak waktu atau menggunakan waktu untuk kepentingan dunia? Bukanlah alasan. “Jangan seorangpun menganggap engkau rendah karena engkau muda. Jadilah teladan bagi orang – orang percaya dalam perkataanmu, dalam tingkah lakumu, dalam kasihmu, dalam kesetiaanmu, dan dalam kesucianmu” (I Timotius 4:12).
Selamat atas peneguhan para Presbiter.

Selamat memasuki masa Adven 2019 bagi seluruh umat Kristiani. Marilah kita menata relasi pelayanan dengan penuh rasa tanggungjawab dan memiliki kesetiaan dalam melayani dan terus mewartakan kabar keselamatan dengan berlandaskan suatu kedamaian dan jadilah peacemaker (Pendamai) dimana saja.(terasntt.com)

Berikan Komentar Anda.