Home Daerah Banyak Anak Putus Sekolah, Masyarakat Enonapi Minta Bangun SMP

Banyak Anak Putus Sekolah, Masyarakat Enonapi Minta Bangun SMP

204
0
SHARE

Soe, terasntt.com –Banyak anak usia sekolah di Desa Enonapi, Kecamatan Kie, Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS) putus sekolah. Umumnya tidak melanjutkan pendidikan ke SMP karena jaraknya sangat jauh.

Jika sekokah ke SMP Untuk bersekolah mereka harus datang ke Oinlasi Kecamatan Amanatun Selatan menggunakan mobil pick up atau jasa ojek Rp 10.000

” Artinya setiap hari harus merogoh kocek sebesar Rp 20.000 pulang pergi. Kami minta agar pemerintah membangun sebuah sekokah SMP di desa ini agar bisa mengatasi anak putus sekolah,” kata kepala desa Enonapi Arni Boymau didampingi beberapa warga di kediamannya, Senin (15/7/2019) malam.

Menurutnya banyak anak di desanya putus sekolah tidak melanjutkan ke jenjang SMP karna jarak yang sangat jauh dan ini menjadi keluhan masyarakat.

Hal tersebut sudah menjadi pergumulan bersama kalau bisa ada perhatian pemerintah untuk menghadirkan Sekolah Satu Atap di wilayah Enonapi dan masyarakat siap membantu apa saja yang dibutuhkan pemerintah.

Ia menjelaskan, bahwa empat SD pendukung yaitu SD Upun Koi,SD Negeri Nono,SD Oeleon dan SD Nifuleo,tokoh masyarakat pun sudah menyediakan lahan untuk pembangunan gedung sekolah jika dibutuhkan pemerintah.

” Keluhan kami ini sudah lama bahkan sudah bersepakat dengan masyarakat untuk membantu pemerintah dalam hal apapun jika dibutuhkan termasuk lahan,” ujarnya diamini warga.

Salah satu tokoh masyarakat Albinus Mone juga mengeluhkan hal yang sama.

Menurutnya banyak anak yang ketika lulus SD tidak melanjutkan ke SMP atau jika lanjut pun kebanyakan putus karena jarak yang jauh.

Lagi pula, umumnya angkutan pick up yang melintas tidak memberi tumpangan sehingga anak – anak sekolah harus menggunakan jasa ojek yang butuh ongkos Rp 20.000 pulang pergi setiap harinya yang tentu sangat membebani orang tua yang rata – rata hidup dari bertani.

” Kalo memang pemerintah sayang kami,tolong buka sebuah SMP di Enonapi,lahannya kami sediakan karna masih banyak anak ingin bersekolah,” ujarnya penuh harap.

Ia mengatakan keluhan bersama antara kepala desa dan warganya ini sudah menjadi pergumulan bersama yang lama sehingga diharapkan ada perhatian pemerintah bisa menghadirkan sebuah sekolah untuk mendekatkan pendidikan kepada masyarakat.(sys)

Berikan Komentar Anda.