Home Daerah Belum Diprosenya Sekda Kota Kupang Defenitif Menimbulkan Pertayaan Bagi Dewan

Belum Diprosenya Sekda Kota Kupang Defenitif Menimbulkan Pertayaan Bagi Dewan

88
0
SHARE

Kupang, Terasntt.com,- Terkait belum ada kepastian pembentukan Panitia Seleksi Sekretaris Daerah (Sekda Kota Kupang defenitif hingga saat ini, menimbulkan pertanyaan besar bagi para wakil rakyat di lembaga DPRD Kota Kupang.

Anggota DPRD asal Partai Gokar, Tellendmark Daud yang di temui di ruang fraksi Golkar DPRD Kota Kupang,Kamis (5/9)  menuturkan penetapan jabatan penjabat Sekda dengan batas waktu menjabat hanya tiga bulan, maka minimal Pemerintah Kota Kupang sudah harus memperhitungkan dan mempersiapkan dan menyeleksikan serta mendapatkannya penjabat Sekda defenitif.

“Saya merasa lucu cukup banyak pejabat di Kota ini, masa hanya cari seorang Sekda saja ko lambat,” lanjutnya.Sudah dua tahun ini tidak ada apa-apa, dan jabatan Sekda hanya di jabat oleh penjabat.

“Masa jabatan penjabat Sekretaris Daerah Kota Kupang pada 18 September mendatang, sehingga jika tidak diproses maka pastinya upaya yang dilakukan pemerintah kota di perpanjang lagi.Hal ini tentunya menimbulkan pertayaan ada apa,” tambahnya.Berdasarkan aturan dan SK  yang diketahuinya,  bahwa untuk penjabat sekda ini hanya bisa digantikan dua kali.  Sementara Kota Kupang sudah mengganti penjabat sekda sebanyak tiga kali.

“Pertama Thomas J Gah,  kedua,  Yos Rera Beka,  dan ketiga ini Elvianus Wairata,  maka jangan ada lagi penjabat sekda lain,  karena tidak ada dalam aturan,  jangan sampai jabatan penjabat Sekda ini menjadi suatu jabatan yang diberikan kepada semua orang,” kata Tellend.

Menurut Tellend,  karena sampai sekarang pun Pemerintah Kota Kupang belum mendapatkan sekda definitif,  maka diharapkan masa jabatan penjabat sekda Elly Wairata bisa diperpanjang,  namun itu kembali lagi pada kewenangan Gubernur.

“Jangan sampai juga ada unsur kesengajaan disini,  sengaja diulur-ulur waktu untuk proses seleksi sekda definitif ini,  dan menunggu sampai penjabat sekda pensiun,  ini hanya dugaan,  saya harap tidak demikian,  jangan sampai ada unsur kesengajaan untuk pembiaran,  akhirnya malah pemerintah sendiri yang rugi,” terangnya.

DPRD,  kata Tellend,  tentunya berharap agar proses masa jabatan penjabat sekda segera ada kejelasan, jangan sampai terulang kembali,  dimana masa jabatan penjabat sekda sudah berkahir namun yang bersangkutan masih menjalankan tugas dan mengambil kewenangan sebagai penjabat sekda.

“Segera diurus,  jangan sampai dibiarkan lagi, lalu nanti pada sidang kami bertanya-tanya lagi, siapa yang berwenang atau bertindak sebagai ketua tim anggaran pemerintah daerah dalam hal ini sekda.Untuk itu kami berharap dalam tahun ini sudah ada sekda definitif, dan pemerintah harus mengupayakan itu, karena Sekda memegang peran penting dalam sebuah birokrasi pemerintahan,”pintanya.

Sementara itu sebelumnya, Kepala BKD Kota Kupang, Adi Manafe mengatakan proses Sekda ini juga akan segera dilakukan.Namun, proses ini baru dapat dilakukan setelah proses pengisian lowongan pada 10 jabatan yang ada.

“Dalam pelaksanaan yang saat dilakukan pemerintah kota ada tiga tahap yakni rotasi yang sudah dilakukan belum lama, dan berikutnya pengisian jabatan yang lowong serta yang terakhir proses Sekda,” lanjutnya.Proses Sekda ini belum dapat dilakukan, karena Sekda di Pansel sebagai ketua, sehingga proses Sekda dilakukan sangatlah report juga.

“Prinsipanya jadwal arau sekejul Pansel Sekda sudah ada tinggal pelaksanaanya saja,” tuturnya.(Yon)

Berikan Komentar Anda.