Home Nasional Besok, Kemenhub Gelar Uji KIR Gratis di Seluruh Indonesia

Besok, Kemenhub Gelar Uji KIR Gratis di Seluruh Indonesia

256
0
SHARE
Adanya uji KIR gratis diharapkan dapat mendorong para pelaku jasa transportasi online untuk ikut serta. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)

Jakarta, Terasntt.com — Kementerian Perhubungan akan memberikan uji KIR gratis untuk seluruh angkutan umum, baik konvensional maupun online mulai besok (6/3).

“Besok saya akan memberikan KIR gratis yang berlaku seluruh Indonesia jadi saya lakukan besok kami mulai,” terang Budi Karya.

Uji KIR gratis ini, kata Budi, merupakan jawaban atas banyaknya protes mengenai mahalnya biaya yang dikeluarkan untuk hal tersebut. Melalui uji KIR gratis, Budi ingin menjembatani jarak yang ada antara angkutan umum konvensional dan online selama ini.

“Ini berlaku untuk online dan konvensional karena selama ini seperti ada jarak lah ya dengan cara ini kami akan intensifkan,” kata Budi.

Ia berharap dengan adanya uji KIR gratis, para penyedia jasa transportasi online dapat mengikutinya. Pasalnya, selama ini banyak angkutan online yang belum melakukan uji KIR.

Uji KIR ini mulanya akan dilakukan di 10 kota besar di Indonesia, di antaranya adalah Jakarta, Bandung, dan Surabaya.

“di 10 kota dulu lah,” kata Budi singkat.

Sementara itu, Dirjen Perhubungan Darat Budi Setyadi menuturkan, uji KIR gratis baru akan mulai dilaksanakan di Tanggerang, besok dengan kuota 200 kendaraan. Uji KIR gratis, menurut dia, akan dilakukan bertahap di beberapa kota secara bergantian dan simultan.
Sebelumnya, Kemenhub mengeluarkan Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) Nomor 108 Tahun 2017 yang mengatur tentang Penyelenggaraan Angkutan Orang
dengan Kendaraan Bermotor Umum Tidak dalam Trayek harus tetap berjalan.

Salah satu poin aturan tersebut mewajibkan angkutan umum berbasis online untuk melakukan uji KIR. (cnn/agi)

Berikan Komentar Anda.