Home Ekbis BI NTT Siapkan Rp.2,8 Triliun Untuk Lebaran

BI NTT Siapkan Rp.2,8 Triliun Untuk Lebaran

84
0
SHARE

Kupang, Terasntt.com,- Bank Indonesia (BI) Perwakilan NTT menyiapkan uang sebesar Rp.2,8 triliun untuk  persiapan Lebaran 2019.

Hal ini dikatakan Edi Djunaidi Kepala Tim sistim pembayaran pengelolaan uang rupiah, layanan dan administrasi Kantor Perwakilan BI Provinsi NTT, pada acara sante-sante baomong dengan media (Sansando Dia) dikantor BI NTT, Selasa (14/5).

Pada acara Sasando Dia Edi Djuanidi yang didampingi Plt Kepala Kantor Perwakilan BI Provonsi NTT, Muhammad Syahrial dan Menejer Fungsi Koordinasi, Komunikasi dan Kebijakan Muhammad Syahrial, Andre Asa, menjelaskan pemenuhan kebutuhan  rupiah dalam rangka menjelang hari raya Lebaran, kantor perwakilam  BI NTT menyiapkan uang  sebesar Rp.2,8 triliun,  yang terdiri dari posisi uang yang tersedia di kantor BI Kupang sebesar Rp.1,74 triliun dan sebagian tersebar di delapan posisi kas titipan yang dikelolah tujuh Bank NTT dan satu Bank BRI yakni di Maumere, Atambua, Lembata, Ruteng, Ende, Alor, Waingapu dan Waikabubak.

“Ketersedian uang tahun ini cukup menurun, jika dibandingkan dengan tahun kemarin, dengan pertimbangan pembayaran THR kepada ASN sudah dilakukan secara non tunai, sehingga kebutuhan uang kartal mengalami penurunan dalampermintaannya.

Selain itu,dikatakan Djunaidi, hal lain yakni pada persiapan Pemilu kemarin perbankan dan ditambah delapan kas titipan ini sudah melakukan penarikan uang sebesar Rp.800 milliar. Dimana  saat ini  uang tersebut masih tersedia di kas perbankkan yang saat ini  belum sepenuhnya kembali ke kas perbankan BI NTT.

” Dari beberapa hal yang dimaksud tersebut sehingga mengakibatkan proyeksi permintaan akan kebutuhan uang tahun ini
menurun dikarenakan masih beredar di kas titipan,” tuturnya.

Sementara itu Plt Kepala Kantor Perwakilan BI Provinsi NTT, Muhammad Syahrial mengatakan,uang rupiah  yang disiap BI NTT akan lebih dikelontorkan  untuk gaji, THR, dan juga untuk penarikan lain.(Yon)

Berikan Komentar Anda.