Home Ekbis BPJS Terapkan Program RTW bagi Pekerja

BPJS Terapkan Program RTW bagi Pekerja

1250
0
SHARE
Foto : Eman Henuk

KUPANG, Terasntt.com — Badan Pelayanan Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan menerapkan program Return to Work (RTW), yakni kembali bekerja bagi pekerja yang mengalami cacat tubuh akibat kecelakaan lalulintas atau kecelakaan kerja. Melalui Balai Latihan kerja (BLK) mereka dilatih alih profesi berdasarkan keahlian yang bisa mereka tekuni.

Demikian disampaikan kabid Pelayanan BPJS Ketenagakerjaan Kota Kupang, M.Imam Taufik di ruang kerjanya, Rabu (23/3/2016).

Menurutnya, para tenaga kerja yang mengalami kecelakaan kerja hingga kondisi tubuhnya cacat masih bisa dibantu melalui BPJS Ketenagakerjaan untuk bekerja kembali pada perusahaannya dengan alih profesi, asalkan pekerja tersebut tidak di PHK oleh perusahaan tempat Ia bekerja.
” Kalau ada dari para pekerja yang mengalami kecelakaan dan cacat fisik, maka kami akan membantu memberikan pelatihan di BLK, asal perusahaan tidak memecat dia. Wajib bagi kami membantu dia untuk alih profesi. Kalau dulu dia oprator alat berat setelah mengalami kecelakaan dia cacat tubuhnya maka dia kami beri pelatihan pembukuan agar dia tetap bekerja di perusahaan tersebut hanya alih profesi saja. Namun kami harus sesuaikan dengan indekasi medisnya agar pekerja tetap bekerja walau mengalami kecacatan pada fisik tertentu,” tegasnya.

Berikan Komentar Anda.