Home Daerah Brigjen Bhakti Agus : Rumah adat itu ada Ketenangan

Brigjen Bhakti Agus : Rumah adat itu ada Ketenangan

207
0
SHARE

Soe,terasntt.com — Disela sela kunjungannya ke lokasi TMMD di Desa Fatukoko, Kecamatan Mollo Barat, Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS), Kamis (8/11/2018) staf khusus Kasad Brigjen Bhakti Agus Fadjari melihat
rumah adat masyarakat TTS yang  disebut Ume Kbubu adalah wujud ketenangan. Baginya merupakan sebuah kehormatan bisa melihat dan masuk langsung dalam rumah adat tersebut.

Usai memantau seluruh pekerjaan fisik TMMD, Agus Fadjar tertarik pada sebuah bangunan rumah berbentuk bulat  yang beratap daun alang – alang.

” Ini rumah apa, boleh saya masuk,” tanyanya sambil bergegas memasuki rumah bulat itu sambul merunduk.

Ditemani Dandim 1621 Letkol CPN Rino Ch Tuwo, Camat  Mollo Barat Nahor Tameon dan Yonathan Batu Kepala Desa, ia melihat lihat di dalam dan  memperoleh informasi mengenai rumah adat masyarakat TTS hingga membuatnya terkagum kagum.

Kepada media ia mengatakan, sangat menarik karna merupakan tempat menyimpan makanan dan hasil panen membuatnya  senang melihatnya sehingga  perlu dipelihara adat dan budaya ini setempat.

” Wah luar biasa karna ada ketenangan disana sehingga arsitekturnya harus kita pelihara dan ini pengalaman luar biasa bahkan merupakan tempat penyimpanan makanan,” ujarnya.(sys)

Berikan Komentar Anda.