Bupati Anton: Anak Pramuka Harus Tampil Sebagai Duta Toleransi

Bupati Anton: Anak Pramuka Harus Tampil Sebagai Duta Toleransi

141
0
SHARE
Foto : Thomas Ara

ADONARA, Terasntt.com — Bupati Flores Timur (Flotim) Anton G. Hadjon menegaskan, bahwa anak pramuka harus tampil sebagai duta toleransi. Toleransi di NTT khususnya di Flores Timur memiliki nilai sangat tinggi di tengah keberagaman.

Demikian kata Anton Hadjon saat menutup Kegiatan Pramuka Tingkat KWARCAB Flotim di Bumi perkemahan “ Mutiara Laut Waiwuring” Kecamatan Witihama, Adonara, Senin (14/8/2017).

Di hadapan 2700-an peserta jambore, Wakil Ketua DPRD NTT Alex Ofong, Kadis PKO Flotim Bernad Beda Keda,unsur Muspika Kecamatan Witihama, para tamu dan undangan lainya, Anton menyampaikan rasa terima kasih kepada semuai pihak, juga pembina yang telah mendidik anak – anak dalam kegiatan ekstra sekolah berupa Pramuka.

” Saya kagum dan bangga kegiatan ini bisa menghimpun ratusan anak – anak muda berbagai GUDEP sedaratan Solor, Larantuka dan Adonara, baik tingkat Siaga, Penggalang maupun Penegak. Dengan kegiatan ini saya kembali mengenang masa lalu ketika masih duduk di bangku SMP yang terpilih mengikuti Jambore daerah. Kegiatan pramuka harus terus digalakan di sekolah-sekolah untuk mempertahankan pramuka di Bumi Lamaholot Flores Timur ini. Karena sesuai visi dan misi saya selamatkan orang muda maka anak muda harus menjadi prioritas untuk kita perhatikan,“ tegas Anton.

Menurutnya dengan mengikuti kegiatan pramuka peserta harus mendapat nilai tambah, demikian juga panitia agar kegiatan semancam ini kedepannya harus dikemas dalam bentuk persaudaraan dan kemandirian yang tangguh dan ulet pada diri anak- anak dalam menghadapi era yang akan datang serta ada toleransi dalam hidup bermasyarakat.

“ Seorang anak muda harus berani tampil di tengah peradaban dunia zaman ini dan harus bercerminkan nilai perilaku hidup budaya lamaholot. Anak muda harus berani dan mampu menunjukan diri sebagai Duta Toleransi,” katanya.

Ia berharap agar usai kegiatan tersebut anak- anak mengumpulkan cerita dalam tulisan sebagai upaya gerakan literasi dan pemenangnya akan diberikan hadiah sebagai motivasi.

Sementara Ketua Kwarcab Flotim, Arnold Langoday menegaskan, bahwa dengan tema kegiatan “ Semangat generasi muda membangun asa,wariskan terbaik Bumi lamaholot” , bahwa dengan kegiatan ini kita harus mengamalkan secara baik, membangun bangsa , kebersamaan melalui gerakan pramuka.

“ Kita harus memaknai secara sungguh bahwa kegiatan ini sebagai bagian yang sangat penting. Api unggun selalu menerangi perjalanan kita agar semangat tidak kendor. Serta menghayati nilai dasa darma agar anggota pramuka menjadi generasi yang bermatabat bagi bangsa dan Negara serta lewo tana. Memaknainya selalu agar menjadi bekal dalam berjuang,” tegasnya.

Selain kegiatan pramuka, juga diselingi dengan lomba cerdas cermat asa trampil dan pentas seni budaya antar sekolah dan keluar sebagai juara pertama SMAN 1 Adonara Timur, posisi kedua diraih SMAK Imakulata dan posisi ketiga ditempati SMAN 1 Adonara Tengah.(thomas ara)

Berikan Komentar Anda.