Home Daerah Butuh Sinergisitas dalam Muwujudkan Kota Kupang sebagai Kota Layak Anak

Butuh Sinergisitas dalam Muwujudkan Kota Kupang sebagai Kota Layak Anak

196
0
SHARE

Kupang, Terasntt.com – Sekretaris Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P3A) Kota Kupang, drg. Fransiska, mengatakan, harus ada sinergitas antara semua pihak untuk bisa menujudkan Kota Kupang Menuju Kota Layak.

“Kami sementara berusaha untuk mewujudkan Kota Kupang layak anak. Memberikan pemahaman kepada anak bahwa tugas mereka bukan mencari uang. Apa lagi bekerja di jam sekolah. Ini harus perlu diedukasikan kepada orang tua. Harus mengedukasi orang tua agar tidak memanfaatkan jasa anak untuk mencari uang,” kata dia.

Selain itu, kata dia, Dinas P3A juga sementata menyusun Rencana Peraturan Daerah (Ranperda) Kota Kupang menuju kota layak anak.

“Diupayakan agar bisa diterima tahun 2018 atau 2019 mendatang,” ujarnya.

Selain itu, lanjutnya, Kota Kupang juga terus memperhatikan tentang fasilitas-fasilitas publik untuk anak-anak penyandang disabilitas.

“Ada beberapa sekolah juga yang sudah memfasilitasi anak-anak penyandang disabilitas untuk mendapat pendidikan yang setara. Pelan-pelan kita terus benahi untuk kota layak anak,” terangnya.

Dikatakan, memang tidak bisa langsung mewujudkan kota layak anak tanpa ada satu pun kekerasan terhadap anak. Tetapi minimal anak-anak bisa dilindungi hak-hak nya. Termasuk pendidikan dan kesehatan.(raf)

Berikan Komentar Anda.