Home Ekbis Cegah Pencemaran Lingkungan, Lurah Lasiana Tertibkan Peternak

Cegah Pencemaran Lingkungan, Lurah Lasiana Tertibkan Peternak

1017
0
SHARE

KUPANG, Terasntt.com — Setiap warga menginginkan hidupnya bebeas dari penyakit dan pencemaran lingkungan. Salah satu penyebabnya yakni pemeliharaan ternak yang tidak prosedural.

” Masyarakat harus bebas dari pencemaran lingkungan akibat limbah ternaak. Semua ternak baik milik perorangan maupun kelompok harus ditertibkan untuk mencegah pencemaran lingkungan yang berdampak pada kesehatan masyarakat,” kata Lurah Lasiana, Kecamatan Kelapa Lima, Kota Kupang, Yesriel Henuk di ruang kerjanya, Jumat (4/12/2015).

Menurutnya penertiban harus dilakukan agar para pengelola usaha ternak perlu mendapatkan penegasan aturan Pemerintah Kelurahan memperhatikan kenyamanan bagi warga disekitar usaha peternakan.

” Kita mengajak pengusaha ternak untuk peduli terhadap lingkungan sekitar. Harus mencegah terjadinya pencemaran, juga ikut memelihara kebersihan lingkungan. Saya tegaskan kepada pengusaha ternak ayam, babi dan ternak lainnya untuk tetap menjaga lingkungan, jangan sampai usaha ternak yang nereka kelola menimbulkan masalah pencemaran lingkungan, untuk itu kami Pemkel Lasiana tidak main-main menerapkan aturan di setiap RT/RW setempat, dana bagi penerima Dana PEM wajib mengikutinya, kalautidak dananya ditarik kembali,” tegas Henuk.

Sementara Soleman Messakh peternak ayam potong, mengaku usahanya bisa berjalan dan berhasil berkat bantuan dana PEM yang diberikan pemerintah.

Messakh mengatakan, sebagai warga kelurahan Lasiana dan peternak ayam tetap mematuhi himbauan lurah dengan membuat tempat penampungan limba agar tidak mencemarkan lingkungan sekitarnya.

“Saya mendukung upaya Lurah Lasiana untuk tertibkan usaha ternak, Saya juga peternak ayam potong tetapi kotorannya saya tampung di tempat pembuangan yang memadai seperti kita buat septicteng sehingga limbahnya tidak menimbulkan pencemaran lingkungan bagi warga sekitar” katanya.

Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) setempat, Benny Salmon, saat dikonfirmasi menegaskan upaya Lurah Lasiana tersebut merupakan langkah yang tepat sehingga sebagai wakil masyarakat ia sangat mendukung.

Pihak LPM sendiri sebagai pengelola Dana PEM sering mengingatkan agar peternak perlu mempertimbangkan kebersihan lingkungan dan wajib dilaksanakan, jika tidak maka LPM berhak membatalkan perguliran pinjaman usaha mereka.

” LPM Kelurahan Lasiana mendukung upaya Lurah Lasiana tersebut. Jangan sampai usaha ternak yang dijalankan mencemarkan lingkungan dan kesehatan masyarakat. Saya ingatkan, jika tidak mengindakan himbauan Lurah, maka perguliran dana PEM akan dicabut,” tegasnya.(man)

Berikan Komentar Anda.