Home Daerah Dari 12 Rumah Sakit Baru Empat yang Ajukan Klaim

Dari 12 Rumah Sakit Baru Empat yang Ajukan Klaim

54
0
SHARE

Kupang,Terasntt.com,- Hingga saat ini baru empat Rumah Sakit (RS)  yang ajukan klaim  pembayaran perawatan pasien Demam Berdarah Dengue (DBD) ke Dinas Kesehatan Kota Kupang.

“Ada 12 rumah sakit yang ada,baru empat yang mengajukan klaim  pembayaran perawatan pasien DBD ke  kami,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Kupang, dr.Ari Wijana  kepada wartawan, saat dikonfirmasi terkait rumah sakit yang telah mengajukan  klaim pembayaran pasien DBD, Rabu (6/3).

Dikatakannya, hingga saat ini baru em rumah sakit   yang mengajukan klaim pembayaran perawatan pasien DBD ke Dinas Kesehatan, dimana empat rumah sakit tersebut yakni rumah sakit Liona, rumah sakit Kartini, rumah sakit Siloam, dan rumah sakit bhayangkara.

“Pengajuan klaim dari empat rumah sakit ini tentunya tidak serta merata langsung dilakukan proses pembayaran, tetapi masih akan dilakukan verifikasi oleh tim yang ada di dinas,” tuturnya.

Hal ini, menurutnya pembayarannya akan tetap dilakukan, namun tim perlu melakukan verifikasi guna mengetahui apakah semua yang dilaporkan rumah sakit adalah positif pasien DBD.

“Ya secara  penegakan diaknosa dan laboratorium  itu ada di rumah sakit,akan tetapi  sesuai kesepakatan dinas tetap mengontrol kecurangan, karena takutnya  dalam bahasa tanggap darurat lalu kita  berfoya-foya,” lanjutnya. Untuk itu sebagai verifikator tetap menjalankan sesuai apa yang di inginkan yakni klaim yang diajukan benar-benar bermatabat.

Karena, tambah mantan Kadis Kesehatan Kabupaten Kupang tersebut, ditakuti  suatu saat    BPK melakukan  audit dan  ditemukan pasien tidak DBD,  namun  dibayar menggunakan dana tanggap darurat pastinya sudah menyalahi aturan.

Sementara disinggung soal kapan proses pembayaran klaim tersebut, Dia menengaskan  sesuai target proses pembayaran klaim ini akan dilakukan dinas setelah dicabut status KLB DBD  paling lambat tiga minggu.Karena rumah sakit membutuhkan sumber daya.

“Pembayaran klaim ini sesuai kesepakatan kita hitung kelas tiga.Sehingga secara tipe rumah sakit  maka untuk rumah sakit swasta seperti Siloam yang merupakan tipe B proses pembayarannya yakni per kelas tiga tarifnya Rp.2.100.000, dan seperti rumah sakit SK.Lerik yakni tipe C secara  tarif pembayaran kelas tiganya  tidak salah sebesar Rp. 1.200.000,” tuturnya.(Yon)

 

Berikan Komentar Anda.