Home Daerah Dari 51 Pelamar , Hanya 47 Memenuhi Syarat Tes Pengisian Jabatan Pejabat...

Dari 51 Pelamar , Hanya 47 Memenuhi Syarat Tes Pengisian Jabatan Pejabat Tinggi Pratama

94
0
SHARE
Foto : Istimewa

Kupang, Terasntt.com- Dari 51 pelamar yang mendaftarkan untuk mengikuti seleksi pengisian jabatan eselon II atau pejabat tinggi pratama, yang lolos hanya 47 orang.

Wakil Wali Kota Kupang,  Hermanus Man dalam acara pembukaan seleksi pengisian jabatan eselon II atau pejabat tinggi pratama di Hotel Naka,  Rabu (16/10) kemarin, mengatakan, dari 51 Pelamar yang memasukan lamaran,  empat orang diantaranya dinyatakan gugur karena tidak memenuhi syarat.

Empat orang yang tidak memenuhi syarat yaitu,  Marlin Detag yang melamar di Dinas Pariwisata. Marlin Detag tidak memenuhi syarat karena sementara dalam proses pemeriksaan oleh Inspektorat, sehingga dinyatakan gugur.

Selanjutnya,  Marthinus Lado,  Melkianus Siokain dan Hasan Nirwana, tidak memenuhi syarat karena sudah berusia 56 tahun.

Dari 51 pelamar yang memasukan lamaran,  tercatat hanya 47 orang yang melanjutkan sampai tahapan seleksi bersama Assesor.

Wakil Wali Kota Kupang, Hermanus Man,  mengatakan, menjadi pemimpin artinya menjadi pemikir, menjadi pemimpin dengan berbagai inovasi dan kreatif.

“Saya ingin agar seleksi ini dapat menghasilkan orang-oramg yang berkualitas,  yang mampu menganalisis semua subtansi dan masalah yang dihadapi daerah.  Jadi semua yang ada disini harus mampu memiliki kemampuan analisis,” katanya.

Dikatakan, yang tidak kalah penting adalah teknik mengambil keputusan,  bagaimana kebijakan dan keputusan yang diambil harus mampu menyelesaikan masalah yang dihadapi.

“Dalam pengambilan keputusan, pejabat eselon dua harus mampu menganilisis dengan baik,  baik itu situasi,  masalah dan persoalam potensial dan lainnya agar keputusan yang diambil dapat menyelesaikan masalah yang dihadapi,” terangnya.

Dia meminta semua peserta agar optimis dan memberikan semua yang terbaik,  jangan menyerah karena prasaangka dan lainnya,  karena pemimpin tentunya akan memilih yang terbaik.

“Saya minta semua peserta untuk optimis, berikan yang terbaik,  karena nasib seseorang tidak ada yang tahu,  bisa saja saudara yang terpilih,  dan jika memang tidak terpilih,  maka tentunya ada waktu lain yang sementara Tuhan persiapkan,” kata Hermanus Man.

Kepala Badan Kepegawaian,  Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Kota Kupang,  Ade Manafe, mengatakan,  sesuai dengan ketentuan yang ada,  semua pelamar harus berusia dibawah 56 tahun,  sehingga pelamar yang berusia diatas 56 tahun dengan sendirinya dinyatakan gugur.

“Juga bagi pelamar yang sementara dalam proses disiplin ataupun masalah lainnya,  dengan sendrinya dinyatakan gugur,  sama seperti Marlin Detag yang saat ini sementara diproses di Inspektorat,” katanya.

Ade menjelaskan,  sesuai dengan jadwal,  peserta dites bersama assesor selama tiga hari,  mulai tanggal 16 sampai 18 Oktober, dilanjutkan dengan panitia seleksi,  dengan tes wawancara dan lainnya,  yang akan digelar mulai tanggal 21 sampai 26 Oktober.

“Setelah selesai dengan assesor dan pansel,  akan dilakukan rapat untuk perengkingan,  selanjutnya hasil perengkingan akan diserahkan ke wali kota sebagai pejabat pembima kepegawaian,” ujarnya.

Selanjutnya,  kata Ade,  wali kota akan memilih dari tiga nama yang diusulkan,  selanjutnya barulah akan dikrimkan ke Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) untuk meminta persetujuan pelantikan.  (Yon)

Berikan Komentar Anda.