Home Daerah Data KPA Kota Mencatat Tiap Bulan Ditemukan 12 Kasus HIV /AIDS

Data KPA Kota Mencatat Tiap Bulan Ditemukan 12 Kasus HIV /AIDS

93
0
SHARE

Kupang, Terasntt.com,- Upaya pecegahan dan penanganan kasus HIV/AIDS yang dilakukan baik KPA bersama jejaring baik WPA maupun tempat pelayanan kesehatan yang melakukan VCT menemukan banyak  kasus HIV dan AIDS yang terjadi di Kota Kupang

Sekretaris Komisi Penanggulangan Aids Kota Kupang Steven D. Manafe  yang dikonfirmasi  soal perkembangan kasus HIV dan AIDS di Kota Kupang, mengaku penemuan kasus HIV dan AIDS  di Kota Kupang perbulan mencapai 12 kasus.

“Sesuai  data yang tercatat di KPA kasus HIV di Bulan September 2018 sebanyak 108 kasus, sehingga dibagi dalam sembilan bulan secara rata-rata ditemukan  12 kasus HIV/AIDS  per bulan atau secara tren kenaikan kasus HIV dan AIDS yang terjadi di Kota Kupang 1,3 persen perbulan dari total 1.376  kasus HIV dan AIDS hingga sekarang,” kata Manafe,Rabu (7/11), diruang kerjanya.

Dirincikannya, dari total 1.376  kasus HIV dan AIDS tersebut tercatat HIV sebanyak 960 kasus, dan AIDS-nya sebanyak 416 kasus.

“Dari totak 1.376 kasus ini  ini pilah secara jenis kelamin tercatat laki-laki 813 orang dan peremouan sebanyak 563 orang.Dan secara usia masih dominan pada mereka yang usianya 25-49 tahun dengan jumlahnya sebanyak seribu 50 orang, dan berikutnya disusul usia 20-24 tahun sebanyak 190 orang,” lanjut Manafe.Secara usia paling menyediahkan lagi kasus ini juga menimpah mereka yang berusia dibawah 4 tahun sebanyak 32 orang, seta usia diatas 50 tahun sebanyak 77 orang.

Sedangkan, tambah Manafe untuk usia 5-9 tahun sebanyak 3 orang, dan jika dilihat dari data yang tercatat secara pekerjaan masih di dominasi pekerja swasta yakni 20 persen, serta disusul ibu rumah tangga sebesar 13 persen.

“Dan masih pada posisi pekerjaan berikutnya adalah PSK sebesar 10,  dan lain-lain 90 persen,” ujarnya.

Sementara  untuk  posisi pekerjaan lainnya yakni mahasiswa dan petani masing-masing 6 persen, dan bagi sopir, buru, ojek, dan TNI masing-masing 5 persen.Serta pelaut hanya 4 persen.

“Ya kalau secara data kasus HIV dan AIDS dilihat per kecamatan untuk saat ini Kecamatan Maulafa masih berada pada posisi rengkin satu yakni 19 persen, dan tiga kecamatan lain yakni Kecamatan Kelapa Lima, Oebobo dan Alak sebesar 17 persen, serta Kecamatan Kota Lama dan Kota Raja sebesar 15 persen,” kata Manafe.(Yon)

Berikan Komentar Anda.