Home Profil Demi Ekonomi, Nenek Faot Rela Pikul Batang Pisang Sejauh 7 km

Demi Ekonomi, Nenek Faot Rela Pikul Batang Pisang Sejauh 7 km

545
0
SHARE

Soe,terasntt.com — Demi ekonomi keluarga nenek Meri Faot (57) rela memikul batang pisang sejauh 7 km untuk diolah menjadi pakan ternak babi. Inovasi pembuatan pakan terbak oleh Jhis Baok alias JB3 mendorong nenek lanjut usia ini bekerja keras untuk meningkatkan taraf hidup keluarga.

” Jika ingin mengetahui sesuatu, belajarlah dan harus semangat untuk kerjakan apa yang sudah kita ketahui. Jika sudah tau sesuatu tapi tidak dikerjakan sama saja bermimpi diatas ranjang,”
katakan Meri Faot warga Desa Enonetes, Kecamatan Kuatnana Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS) ketika mengikuti pelatihan pakan ternak di kantor BPD setempat, Rabu(27/8/2019).

Menurut Faot kali ketiga ia mengikuti pelatihan pembuatan pakan ternak tersevut dan sudah bisa membuat sendiri, namun tetap belajar agar kedepan bisa melakukannya lebih maksimal.

” Saya jauh – jauh datang cari ilmu untuk kasi makan babi pak, walau harus jalan kaki sambil pikul batang pisang,” ujarnya seakan tak merasakan lelah meski berjalan kaki dari perbatasan desa Enonetes – O’of.

Seakan sudah akrab dengan wartawan, wanita paruh baya ini dengan semangat bercerita, bahwa selama ini ia memberi makan babi dengan jagung dan ubi mentah.

Namun lanjutnya lewat pembuatan pakan ternak di desa lebih memudahkan warga termasuk dirinya untuk membuat pakan dan lebih semangat beternak babi.

Sementara itu Jhis Baok kepada terasntt.com mengatakan, ia hanya mencoba untuk membantu masyarakat sehingga ketika masyarakat sudah bisa membuat pakan sendiri dengan sendirinya meningkatkan pendapatan secara ekonomis.

Kedepan, masyarakat menurutnya tidak perlu untuk memasarkan hasilnya karena ada komunitas yang siap membeli produk tersebut sehingga masyarakat diuntungkan.

Jika ini berjalan maka akan meningkatkan pendapatan masyarakat bahkan bisa menurunkan angka kemiskinan, karena itu kepala desa diharapkan melihat peluang yang kebutuhan masyarakat di TTS yang rata – rata beternak babi.

Toni Faot, ketua BPD mengungkapkan akan menjadikan pembuatan pakan ternak sebagai usahanya kedepan karena selain mudah, bahan baku juga ada mudah diperoleh.(sys)

Berikan Komentar Anda.