Home Humaniora Dihamili, Wanita Disabilitas ini Mendapat Perhatian Berbagai Pihak

Dihamili, Wanita Disabilitas ini Mendapat Perhatian Berbagai Pihak

450
0
SHARE

Soe,terasntt.com — Kasus yang menimpa Rony Bia warga Oinlasi, Kecamatan Amanuban Selatan, Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS) penyandang Disabilitas yang diduga dihamili majikannya sendiri ini mendapat perhatian berbagai pihak. Ia mendapat dukungan moril sari camat setempat, Ardi Benu. Camat Amanuban Selatan berkoordinasi dengan polsek setempat untuk mengusut tuntas kasus tersebut.

Usai mendatangi polsek, mantan sekretaris PMD ini membangun komunikasi dengan ketua Majelis Jemaat  Syalom, Bank NTT Capem Oinlasi, PLN Ranting Oinlasi dan sejumlah  tokoh masyarakat serta keluarga koban.

Adapun beberapa hal yang disepakati dalam pertemuan itu yakni, Meminta penegak hukum mengusut tuntas kasus tersebut, Pihak Bank NTT akan mendukung dana untuk membangun rumah layak huni bagi Rony Bia dan ibunya. Pemerintah desa dan kecamatan menyurati Bupati dan OPD terkait agar memberi perhatian baik rehabilitasi maupun advokasi hukum. Juga meminta dukungan pemuda TTS, POSPERA, ARAKSI untuk mengawal proses hukum kasus tersebut.

Ardi Benu kepada media, Jumat (7/12/2018) mengatakan, sebagai pimpinan wilayah dirinya merasa perlu turun langsung membangun komunikasi dan koordinasi dengan semua pihak untuk membantu korban dan ibunya yang sama – sama penyandang disabilitas.

” Kami bersama semua pihak tidak hanya  mengawal kasus ini tapi juga membatu mereka dalam berbagai hal untuk keberlangsungan hidup mereka,” ujarnya dengan mimik serius.

Pada kesempatan itu warga dan pemuda Gereja Syalom Oinlasi secara  spontan membongkar bangunan yang mereka tempati selama ini untuk membangun rumah layak huni dengan bantuan Bank NTT dan berbagai pihak.

Sementara di tempat terpisah salah satu tokoh pemuda Amanatun Selatan Yonathan A Banunaek saat dimintai komentar tentang kasus tersebut mengatakan sangat biadab perbuatan seperti itu dan pihaknya akan melakukan koordinasi dengan KIPDA TTS untuk mengunjungi korban dan ibunya.

” Kami akan ke oinlasi untuk melihat keadaan korban dalam satu atau dua hari ke depan,” ujarnya.

Untuk diketahui Rony Bia Warga Sesa Oinlasi adalah seorang penyandang disabilitas yang diduga dihamili oleh majikannya hingga melahirkan seorang anak.

Ia memilih bekerja mencuci piring untuk membantu ibunya yang lumpuh dan
kasus ini sudah ditangani polsek Amanatun Selatan.(sys)

Berikan Komentar Anda.