Home Daerah Dinas Kebersihan Kota Dapat Apresiasi Dari DPRD Kota

Dinas Kebersihan Kota Dapat Apresiasi Dari DPRD Kota

124
0
SHARE

Terasntt.com,- Upaya Pemerintah Kota Kupang melalui Dinas Kebersihan dan Lingkungan Hidup dalam penanganan persampahan di Kota Kupang mendapat apresiasi dari para wakil rakyat.

Hal terbukti melalui upaya Dinas Kebersihan dalam penanganan sampah rumah tangga yang berada di titik yang bukan TPA tapi dilahan warga di dekat Kantor Camat Maulafa yang sudah tertumpuk selama dua minggu berhasil diangkut oleh Dinas Kebersihan Kota Kupang, Rabu ( 9/1).

Anggota DPRD Kota Kupang,Jemari Yoseph Dogon asal fraksi Golkar yang ditemui dilokasi dengan dampingi Kepala Bidang penanganan sampah, Paul  Foenale  menyampaikan apresiasi kepada dinas kebersihan yang telah bekerja dengan baik dalam penanganan masalah sampah rumah tangga yang ada dikota ini.

“Saya sangat mengapresiasi Dinas Kebersihan yang telah berupaya dalam penanganan sampah di kota ini,” ujar Dogon.

Menurut Dogon, sampah yang ada di lokasi ini sudah dua minggu tidak diangkut, sehingga kondisi ini yang membuat warga sekitar merasa kesal dan juga lokasi tumpukan sampah dipandang  bagi melintas di jalan ini merasa kurang bagus.Namun,bersyukur  lanjut Dogon sampah-sampah sudah ditangani secara baik oleh dinas terkait yang mulai dari pembersihan hingga pengangkutan ke TPA.

“Tumpukan sampah ini terletak di RT 18 /RW 07 Kelurahan Maulafa berdekatan dengan Kantor Camat Maulafa,” kata Dogon

Sementara itu, terpisah Kepala Dinas Kebersihan Kota Kupang, Obed Kadji mengatakan, dalam penanganan sampah, saat pihaknya masih fokus pada penanganan sampah rumah tangga yang ada di kota ini baik itu di TPS maupun pada titik yang  bukan TPS yang dijadikan warga untuk membuang sampah rumah tangga.

“Dalam upaya mengatasi  masalah persampahan di Kota Kupang terlebih pada titik-titik rawan sampah di tingkat kelurahan,melalui program kami kedepan akan membangun kerjasama dengan semua kelurahan yang ada.

Menurutnya, kerjasama yang dibangun ini nantinya tempat atau titik yang rawan sampah akan dilakukan pihak lurah bersama warga melakukan gotong royong untuk melakukan pembersihan dan pengumpulan  sesuai jadwal yang disiapkan pihak kelurahn, dan dinas hanya menyiap armada untuk mengangkut untuk dibawah ke TPA.

“Penanganan sampah di kota ini tentunya menjadi tanggungjawab bersama, sehingga  dengan dilakukan kerjasama dengan kelurahan, guna kelurahan bisa bersama wargannya  untuk ikut  bersama-sama mengatasi masalah persampahan di kota ini,” kata Obed.

Selain itu, kata Obed penanganan masalah persampahan di Kota Kupang yang menjadi tugas bersama ini, pihaknya  meminta agar para pemulung saat memilih sampah  yang ada di TPS agar dapat  memilih sampah  secara baik, sehingga tidak berhamburam keluar, guna dalam pengangkutannya lebih mudah dilakukan oleh para petugas.

“Dan juga  dalam me jaga lingkungan masyarakat dapat secara sadar agar jangan  membuang bangkai pada TPS yang ada dekat dengan pemukiman, karena dapat mempengaruhi aroma yang tidak sedap bagi warga di pemukiman tersebut,” harap Obed.

Sementara disinggung soal volume sampah yang ditangani oleh dinas perhari dalam setiap pengakutan sampah, Obed mengatakan, perhari volume sampah yang diangkut mencapai 300 kubik perhari.

“Volume sampah yang diangkut melalui armada sampah untuk satu kali pengangkutan mencapai 6 kubik sampai 7 kubik, sehingga jika tiga kali pengangkutan dalam sehari bisa mencapai 300 kubik sampah,” kata Obed.(Yon)

Berikan Komentar Anda.