Home Daerah Dinkes Kota Tes Kebugaran Calon Jemaah Haji

Dinkes Kota Tes Kebugaran Calon Jemaah Haji

146
0
SHARE

Kupang,Terasntt.com,- Dinas Kesehatan (Dinkes)  Kota Kupang lakukan tes kebugaran bagi para calon jemaah haji yang akan melaksanakan ibadah haji mereka di tanah  suci mekah.

Kegiatan tersebut dilaksankan pada Sabtu ( 6/4) tepat halaman depan kantor Balai Kota, dengan diikuti sebanyak 160-an valon jemaah haji di Kota Kupang.

Kepala Bidang P2P Dinas Kesehatam Kota Kupang, Sri Wahyuningsi yang ditemui di ruangkerjanya, Senin (8/4), menjelaskan salah satu pemeriksaan kesehatan para calon jemaah haji yang akan melaksanakan ibadah haji ditanah suci Mekah yakni dilakukan tes kebugaran

“Tes kebugaran ini dengan tujuan untuk mempersiapkan para calon jemaah haji guna sampai di tanah suci mampu beradaptasi guna bisa mengikuti berbagai tahapan di  ibadah haji ditanah suci Mekah dengan baik,” katanya.

Karena, lanjutnya sesuai harapan dari pak wakil walikota, dr.Harmanus Man para calon jemaah haji ini berangkat dengan sehat dan kembali ke tempat asal juga tetap sehat.

“Dalam tes kebugaran yang dilakukan ini ada tiga indikator yang dilihat melalui hasil tes yakni baik, cukup dan kurang,” lanjutnya .Sehingga dari tiga indikator melalui hasil tes para calon jemaah haji ini lebih banyak masuk dalam kategori cukup dan kurang.

Oleh karena itu, tambahnya para calon jemaah haji ini diminta guna dapat melakukan kegiatan kebugaran mereka di rumah guna bisa stabil atau masuk dalam kategori baik.

“Kami telah meminta mereka dengan waktu masih tersisa tiga bulan guna dapat melakukan kebugaran dirumah.Karena melalui kebugaran ini merupakan elemen mendasar dalam merumuskan ketahan tubuh kita, dan kerja  jatung serta paru kita.Sehingga hasil para calon jemaah haji yang telah mengikuti tes kebugaran  ini direncanakannya  nantinya akan dievaluasi dan hasilnya akan dipaparkan kepada mereka.Karena setelah berangkat mereka akan dites lagi kebugarannyanya lagi,” jelasnya.

Menurutnya, kadang-kadang untuk berlatih kebugaran ini, ada orang yang mengatakan telah melakukan kegiatan olahraga   jalan, namun jalan itu tidak seutuhnya kita jalan, tetapi jalan ini sudah diatur waktu dan jaraknya yakni 1,6 kilo ini  dengan waktu tempu dan umur apakah masuk dalam kategori baik, cukup atau kurang.

“Kami tentunya berharap dengan sisa waktu yang ada para colon jemaah haji ini, dapat terus berlatih dan hasil tesnya akhir mereka semua bisa masuk dalam kategori baik, guna bisa berangkat dan mengikuti naik haji mereka di tanah suci dengan sehat walaufiat,” tutupnya.(Yon)

Berikan Komentar Anda.