Home Daerah Disperidagkop TTS Tera Ulang 2.465 Alat Ukur Pedagang

Disperidagkop TTS Tera Ulang 2.465 Alat Ukur Pedagang

158
0
SHARE

Soe, terasntt.com –– Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi (Disoerindagkop) Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS) melakukan tera ulang terhadap 2465 alat ukur milik warga. Dari hasil Ukur Tera Timbang (UTT) 2019 ditemukan banyak alat ukur yang tidak berimbang sejak Senin (12/8/2019).

Demikian dikatakan Kadis Perindakop dan UKM, Frits B. Tobo kepada terasntt.com di Pasar Inpres Soe ketika mendampingi petugas Tera, Selasa (13/8/2019).

Menurutnya Tera ulang bertujuan memberi kebenaran ukuran bagi konsumen dalam membeli barang kebutuhannya.

Tera ulang merupakan yang pertama kali dilakukan pembkab TTS melalui Dinas Perindagkopdan UKM karena tahun – tahun sebelumnya dilakukan oleh tim Provinsi.

Lebih lanjut kata Frits, dengan dilakukannya Tera ulang oleh dinas yang dengan sendirinya ada sumber pendapatan bagi daerah dan besaran retribusi berdasarkan masing – masing alat ukur yang ditetapkan sesuai perda Nomor 2 tahun 2018.

Frits mengatakan, Tera ulang baru dilakukan tahun ini karena pihaknya baru memperoleh surat keterangan Tera dari Direktorat Meterologi Bandung dan ada enam orang petugas bersettifikasi yang bertugas melaksanakan Tera alat UTT tersebut.

” Ini baru kita lakukan tahun ini karena baru dapat keterangan Tera ulang dan cap tanda Tera yang diambil dari Direktorat Meterologi Bandung,” ujarnya.

Untuk kegiatan Tera ulang ini tidak dipungut biaya terkhusus pelaku UKM dan yang usaha berskala besar seperti toko,swalayan dan SPBU akan dipungut biaya.

Sementara itu Jekson Kunakore mengatakan, bahwa sejak hari pertama pihaknya menemukan banyak alat ukur di pasar inpres yang tidak seimbang sehingga dilakukan perbaikan sebelum digunakan ulang dan sebelum dilakukan perbaikan dilakukan pendaftaran kemudian di Tera dilanjutkan dengan cap dan tanda segel.

Sementara itu salah satu pedagang Bibi Munira mengatakan setiap tahun ia melakukan Tera ulang oleh petugas

 

Berikan Komentar Anda.