Home Daerah DPR-RI Diminta Segera Bahas & Sahkan RUU Penghapusan Kekerasan Seksual

DPR-RI Diminta Segera Bahas & Sahkan RUU Penghapusan Kekerasan Seksual

364
0
SHARE

Soe,terasntt.som — Persoalan kekerasan seksual terhadap perempuan dan anak menuntut perbaikan segera dengan menghadirkan payung hukum yang benar – benar melindungi kaum perempuan dan anak korban kekerasan seksual.

Data secara nasional (Publikasi FPL) tahun 2018 ada 447 kasus sedangkan tahun 2015-2019 sebanyak 270 kasus kekerasan seksual di Kabupaten Timor Tengah Selatan yang dilaporkan ke Yayasan Sanggar Suara Perempuan sementara itu masih banyak yang belum dilaporkan.

Demikian dikatakan Direktur yayasan SSP Ir. Rambu Atanau – Mella dalam press realeasenya, Selasa (16/7/2019) kepada media di Soe.

Menurutnya berbagai advokasi RUU penghapusan kekerasan seksual telah dilakukan oleh Forum Pengada Layanan bersama komnas perempuan sejak tahun 2014 hingga sekarang dan advokasi saat ini telah memasuki tingkat pembahasan tahap II di Komisi 8 DPR RI.

Di tahun 2018,Panja RUU penghapusan kekerasan seksual di DPR RI telah melakukan rapat panja,meminta Daftar Inventaris Masalah (DIM) pemerintah, melakukan Rapat Dengar Pendapat Umum(RDPU) dengan para ahli,lakukan kunjungan ke daerah,studi banding ke Kanada dan Prancis yang memiliki UU ini dengan tujuan agar RUU Penghapusan Kekerasan Seksual ini segera disahkan.

Berikan Komentar Anda.