Home Daerah Eljebends Doeka : Pemulangan PSK KD Sudah Diproses

Eljebends Doeka : Pemulangan PSK KD Sudah Diproses

82
0
SHARE

Kupang, Terasntt.com- Pemulangan para PSK KD, kata Plt Kepala Dinas Sosial Kota Kupang, Eljebends Doeka tidak langsung dipulang ke kampung halaman  mereka masing-masing, namun  akan  ditempatkan di rumah singgah Depertemen Dinas Sosial Provinsi masing-masing.

“Kami telah proses pemulangan bagi mereka yang dilakukan Jumat (4/10/2018) besok bagi saudara-saudara kami  ke lingkungan kemasyarakat sosial dengan tidak langsung ke kampung halaman mereka, tapi mereka akan berada di di rumah singgah Depertemen Dinas Sosial Provinsi pada masing-masing wilayah dari tempat mereka berasal,” kata  Eljebends Doeka kepada wartawan di ruangkerjanya, Kamis (3/10).

Menurutnya, dengan telah ditampung dirumah singgah, dan dilakukan dikusi bersama mereka guna dipersiapkan langka selanjutnya seperti apa.

“Bagi mereka yang ditampung di rumah singgah ini, nantinya akan ditawarkan dengan mengikuti Diklat 1, 2, dan 3, atau pelatihan 1, 2, 3, 4, dan 5 sesuai dengan provesi, peluang dan potensi yang mereka miliki,” lanjutnya.Dan setelah itu  untuk Kota Kupang tinggal lanjutkan dengan programnya.

“Untuk PSK asal NTT, dan untuk Kota Kupang satu orang ini setelah selesai mereka melakukan Diklat atau pelatihan sesuai potensi mereka, maka kami tinggal lanjutkan program guna mereka bisa melakukan usaha mandiri,” tuturnya.

Dia mengaku, dalam pengembangan usaha mandiri tentunya tidak bisa ditentukan oleh pemerintah, tapi nantinya mereka akan dipanggil untuk dilakukan diskusi guna menayakan usaha mandiri apa yang ingin dikembang oleh mereka.” Intinya dalam pengembangan usaha mandiri bagi saudara-saudara kita yang eks PSK ini lebih baik dari presfektif mereka, bukan dari kita pemerintah,” ujarnya.

Dia memcontohkan, ada salah satu eks PSK yang sudah keluar dan melakukan usaha mandiri dalam diskusi dikantor bersamanya usaha yang digeluti dengan menjual pakaian rombengan omset yang diperoleh mencapai Rp. 10 jutaan.

“Banyak lapangan kerja jika punya kemauan dan tekun dalam melakukan usaha untuk merubah kehidupan dari sebelumnya menjadi lebih baik,” katanya.

Ditambahkan, dalam proses pemulangan biaya bagi mereka yang disiapkan Kemensos yakni perorang kisaran  Rp. 6.000.000  yang sduah diproses pencairanya sejak kemarin ke rekning masing -masing. Dan yang ditanggung pemerintah daerah untuk biaya tiket besaranya Rp. 1.500.000 sampai dengan Rp. 2.000.000. (Yon)

Berikan Komentar Anda.