Home Ekbis Fintech Sangat Membantu Perkembangan UKM

Fintech Sangat Membantu Perkembangan UKM

169
0
SHARE

Sumba,Terasntt.com,- Kasubag Departemen Pengawasan IKNB 2A,Alvian Leonardo Ezra Taulu mengaku, munculnya layanan jasa pinjam-meminjam keuangan berbasis teknologi  (Fintech) sangat membantu pergembangan Usaha Kecil Menengah (UKM).

Hal ini disampaikan Alvian Leonardo Ezra Taulu, saat memamparkan materi dengan topik perturan baru mengenai Finteck pada kegiatan Media Gathering di Waitabula bersama 24 wartawan dari berbagai media baik cetak,tv, radio dan online.

Dikatanya, dengan  sistim pinjam-meminjam berbasis online ini bagi UKM tidaklah sulit atau susah dalam memperoleh modal usaha.  Secara permodalan masih banyak UKM yang  mengalami kesulitan.

Dijelaskannya, kemudahan yang diperoleh dari fintech tersebut yakni proses memperoleh danannya  tersitim dan transparan, serta  menjadi lebih cepat, lebih mudah, sekaligus lebih efisien, tanpa perlu melakukan tatap muka sebagaimana transaksi konvensional.

“Tentunya kemudahan dalam layanan keuangan berbasis online ini secara regulasi OJK  juga sudah memiliki aturan yang mengaturnya yakni Peraturan OJK (POJK) nomor 77 Tahun 2016,” katanya.

Menurutnya,  melalui perkembangan fintech  ini  secara data tercatat ada 150.261 Entitas Lender di Indonesia.

“Dari jumlah tersebut untuk  Provinsi NTT tercatat  ada 764 lender , dan layanan pinjaman secara online tercatat sebanyak   2.000 entitas melalui aplikasi online dengan besaran dana yang telah disalurkan sebesar 6,8 milliar,” tuturnya.(Yon)

Berikan Komentar Anda.