Home Humaniora Gerakan Ketuk Pintu Wajib Dilaksanakan pada Semua Rumah

Gerakan Ketuk Pintu Wajib Dilaksanakan pada Semua Rumah

401
0
SHARE

Kupang, Terasntt.com – Wakil Walikota Kupang, Hermanus Man mengatakan, Gerakan Ketuk Pintu yang tengah dilaksanakan Dinas Kesehatan dalam memerangi TBC wajib menjangkau semua rumah di Kota Kupang.

“Tak boleh ada satu pun rumah yang terlewatkan, wajib menjangkau semua rumah. Apalagi pengobatan ini dilakukan secara gratis,” ujarnya kepada Wartawan, Rabu (11/4/2018).

Dikatakan Herman, Dinkes harus memberikan pelayanan penangan yang maksimal baik bagi penderita maupun obatnya, sebab, jangkauan pelayanan di Kota Kupang sangat mudah, tidak seperti daerah lainnnya.

“Penanganan penderita TBC harus 100 persen, baik itu si penderita maupun obatnya. Karena dilihat jangkauan pelayanan kesehatan yang ada, sangat mudah dibanding dengan daerah lain seperti TTS, TTU, dan Sabu,” kata Herman.

Menurut Herman, jangkauan tempat pelayanan kesehatan di Kota Kupang tidak sukit dijangkau, terlebih pengobatan TBC bisa dilakukanndi Pustu atau Puskesmas yang ada.

Kendati Demikian, Kata Herman, motifasi penyuluhan dan pendekatan perlu dilakukan secara intens oleh Tenaga Kesehatan, sebab, masyarakat Kota begitu dinamis.

“Ya masyarakat kota ini beda sama masyarakat desa. Karena masyarakat desa kita perintah pasti ikut, tapi masyarakat kota perlu motifasi yang bagus, penjelasan yang lebih bagus seperti minum obat enam bulan harus dijamin pasti sembuh, jangan katakan mungkin, karena pasti masyarakat kota tidak percaya,” jelasnya.

Untuk itu, Herman berharap, dengan kehdiran pustu atau Puskesmas yang ada, dihaapkan gerakan ini bisa menjangkau semua rumah, sesuai terget yang ditetapkan.

“Ya kalau gerakan ketuk pintu ini perhari dilakukan 30 rumah pastinya apa yang ditergetkan bisa tercapai,” demikian Herman. (raf)

Berikan Komentar Anda.