Home Politik Golkar NTT Bentuk Satgas Anti Human Trafficking

Golkar NTT Bentuk Satgas Anti Human Trafficking

348
0
SHARE

Kupang, Terasntt.com – Partai Golkar NTT membentuk Satuan Tugas (Satgas) anti Human Trafficking. Satgas ini akan dipimpin Gabriel Goa, Aktivis Human Trafficking Indonesia.

Ketua DPD I Partai Golkar Melki Laka Lena saat jumpa pers di Milenium Ballroom, Rabu, (9/5/2018), mengatakan, pembentukan Satgas ini mengingat Kasus Human Trafficking di NTT masih tinggi.

“Kami sudah menyatakan bahwa Golkar akan Konsen pada masalah Human Trafficking,” katanya.

Melki mengatakan, Satgas ini terbentuk atas dasar keprihatinan partai Golkar akan nasib TKI.

Diceritakan Melki, saat ke Malaysia pada Paskah kemarin, dirinya menjumpai banyak sekali orang NTT di sana.

“Setelah berdiskusi, mereka mempunyai keluhan yang sama, bahwa Pemerintah Indonesia, khususnya NTT tidak memperhatikan mereka,” sebut Melki.

Untuk menyikapi hal ini, Kata Melki, maka harus ada kekuatan politik untuk menolong mereka.

“90 persen TKI di Malaysia itu Ilegal, 10 persen yang legal, kalau mereka mati, akan langsung dibelah dan diambil organ tubuhnya, kemudian mayatnya dipulangkan,” ujar Melki.

“Nah, setelah pulang dari sana, kami DPD I NTT kemudian melakukan rapat, kemudian memutuskan untuk membentuk Satgas Huma Trafficking untuk membantu mereka,” sebutnya.

Melki mengakui, dirinya sudah menjalin komunikasi dengan Ketua Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan TKI (BNP2TKI) Nusron Wahid, Melki Mekeng dan Hartanto, untuk memfasalitisai setidaknya membentuk Paguyuban NTT di Malaysia.

“Sebab, NTT belum mempunyai paguyuban di sana. Hampir daerah lain di Indonesia sudah mempunyai Paguyuban, seperti Jawa dan Madura. Ini penting, sehingga ada Masalah mereka akan dilindungi,” sebutnya.

Dikatakan Melki, tindakan pencegahan ini jauh lebih penting ketimbang mengutuk pemerntah saat TKI sudah jadi Jenasah.

“Oleh karena itu, kita akan bekerja bagaimana melakukan pencegahan, bai mereka yang mempunyai kemampuan akan dilatih, memeliki legalitas agar dilindungi,” ujarnya.

“Sekali lagi ini menjadi fokus kami, semua kader, teman-teman DPR serta semua kepala daerah dari Partai Golkar akan bersikap untuk ini,” demikian Melki. (rafael l pura)

Berikan Komentar Anda.