Home Daerah Gubernur Maluku Akan Hadir Pada HUT Pattimura di Kupang

Gubernur Maluku Akan Hadir Pada HUT Pattimura di Kupang

50
0
SHARE

Kupang, Terasntt.com,- Memperingati hari ulang tahun (HUT) pahlawan Nasional asal provinsi Maluku, Thomas Matulesi atau yang lebih di kenal dengan sebutan Pattimura, Ikatan Warga NTT Asal Maluku (IWASMA) akan menghadirkan gubernur Maluku.

Pernyataan itu disampaikan, Ketua Panitia HUT 202 Pattimura IWASMA NTT, Zeyto Ratuarat kepada wartawan di kediamannya, Kamis, (7/3) kemarin.

Zeyto Ratuarat menjelaskan bahwa tujuan panitia menghadirkan Gubernur Maluku pada acara puncak perayaan HUT Pattimura  ke 202 yang jatuh pada tanggal 15 Mei mendatang, untuk menunjukan bahwa warga asal Maluku yang berdomisili di NTT memiliki keakraban walaupun di daerah rantauan.

Selain itu, Menurut Zetyo, Gubernur Maluku juga harus hadir menyaksikan kegiatan IWASMA NTT dan mengetahui budaya provinsi NTT bersama masyarakatnya.

“Kami ingin menghadirkan Gubernur Maluki di acara itu. Gubernur harus  hadir dan menyaksikan kegiatan IWASMA NTT sekalian mengetahui bidaya masyarakat NTT.” Ujarnya.

Ratuarat menambahkan, untuk kesuksesan kegiatan itu maka ia sangat mengharapkan kerjasama dan dukungan dari berbagai elemen warga  IWASMA di NTT sehingga warga asli  NTT juga mengetahui bahwa ada IWASMA di NTT. Panitia telah bekerja sejak bulan januari sampai saat ini. Struktur kepanitian pun sudah terbentuk.

Ketua IWASMA NTT Urbanus Mahoklory menjelaskan bahwa untuk memperingati HUT Patimura 202 tahun 2019, Badan pengurus IWASMA NTT telah melakukan pertemuan awal pada tanggal 5 Januari. Pertemuan kedua pada tanggal 2 Februari dimana dalam pertemuan itu telah disepakati untuk membentuk panitia pelaksana.

“Hasil dari pertemuan itu maka hari ini diadakan penandatangan SK Panitia. Ketua Panitian, Zeyto Ratuarat.” Jelasnya.

Lanjut Ubanus, Sejak diberikan SK kepada  panitia maka panitia bertanggungjawab melaksanakan kegiatan pra sampai kegiatan puncak HUT Pattimura tanggal 15 mei mendatang. Kegiatan pra yaitu, Melakukan kunjungan ke sesepuh yang ada di kota Kupang sebagai bentuk penghargaan kepada jasa mereka yang sudah membesarkan IWASMA NTT.

Selain itu, kata Urbanus, juga diadakan kegiatan sosial seperti donor, pengobatan gratis dan melakukan pembersihan bersama pemerintah kota Kupang. “Pattimura adalah pahlawan nasional yang biasa di sebut Thomas Matulesi, ia memiliki semangat patriotisme yang luar biasa untuk memerdekakan Indonesia, sebagai warga Indonesia khususnya warga Maluku patut kita merayakan HUT sebagai bentuk penghargaan atas jasa dan perjuangannya.” Jelasnya.

Urbanus mengisahkan, IWASMA sudah ada di NTT sejak ratusan tahun lalu, Sebelumnya pada HUT 200 Patiimura, IWASMA NTT mengadakan  loma lari obor di Eltari.
Acara puncak tahun ini juga akan dilakukan lomba lari Obor, Pentas Seni dan acara seremonial.

“Bukan hanya anggota IWASMA, tetapi kita juga melibatkan kelompok lain yang ada di NTT. Sebelum mengundang Wali Kota Kupang dan Gubernur NTT, Panitia dan pengurus akan melakukan audiens terlebih dahulu.” Tuturnya.

Urbanus menambahkan, Khusus  kota Kupang,  saat ini terdata sepuluh ribu warga IWASMA belum termasuk yang di kabupaten lain yang ada di NTT. Untuk itu perlu pihaknya harus mendatangkan Gubernur Maluku di acara puncak nanti. (Yon)

Berikan Komentar Anda.