Home Ekbis Harga Ikan di Kota Kupang Naik

Harga Ikan di Kota Kupang Naik

129
0
SHARE

Kupang, Terasntt.com,- Harga ikan dipasar naik hingga Rp.50 ribu hingga Rp.60 ribi per ekor.Kenaikan ikan terjadi pada jenis ikan belang kuning.

Salah satu pedagang ikan di pasar ikan Kelapa Lima, Yandri Gasper yang ditemui ditempat jualan , Senin (19/8) mengatakan, kenaikan harga ikan belang kuning diakibatkan cuaca yang kurang bagus.Dimana kondisi arus laut yang terjadi mengakibatkan para nelayan sulit mendapatkan ikan tersebut.

“Selain arus kondisi di bulan terang saat ini ikan mengalami kenaikan harga,” ujar ayah tiga orang anak tersebut.

Dikatakanya,kondisi harga  saat ini untuk ikan belang kuningyang dibeli dari para nelayan untuk ukuran sedang dengan harga perkilo Rp.24 ribu per ekor.Sehingga dijual dengan harga perekor di pasar dengan harga Rp. 50 ribu hingga Rp. 60 ribu perkilo.

“Harga ini dilihat dari ukuran ikan, jika yang ukuran 2 kilo dijual dengan harga Rp. 50 ribu sampai Rp. 60 ribu per ekor, dan jika ukuran 3 kilo maka bisa mencapai Rp.90 ribu hingga Rp.100 ribu per ekor,” katanya.

Dikatakan, dengan kondisi naiknya harga ikan secara pendapatan secara bersih per hari  Rp. 250 ribu.Keuntungan itu pun jika ikan  belang kuning yang diambil dalam jumlah banyak 50 kilo yang jumlahnya men capai 30 ekor dengqn jumlah uang Rp. 1 juta 200.

Dilanjutnya, keuntungan tersebut dibilang sangat pas, sebab keuntungan merupakan keuntungan pribadi, dengan tidak menggunakan tenaga kerja.Namun, jika menggunakan tenaga kerja (anak buah-red) maka secara bersih keuntungan yanh diraih hanya kisaran Rp.100 lebih, sebab keuntungan tersebut dipotong lagi untuk anank buah.

“Penjualan ikan yang saya lakukan ini  tidak hanya semata dijual ikan mentah, tetapi kami juga melayani penjualan ikan bakar, dimana untuk ikan bakar biaya bakar bervariasi yakni Rp. 10 ribu hingga  Rp. 10 ribu per ekor.Semuan tergantung besar dan kecilnya ikan,” tutur laki-laki berkulit itam manis tersebut. (Yon)

Berikan Komentar Anda.