Home Daerah Ini Pernyataan DPRD Kota Kupang Dengan Telah Serah Terima PJU-ST

Ini Pernyataan DPRD Kota Kupang Dengan Telah Serah Terima PJU-ST

117
0
SHARE

Kupang, Terasntt.com,- Dengan telah dilakukan serah terima Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya  (JPU-TS) dari Kementerian ESDM RI kepada Pemkot Kupang sebanyak 175 unit, dinilai DPRD Kota Kupang sangat baik.Pasalnya, secara otomatis telah tercatat dalam aset Pemkot Kupang.

Hal ini diungkapkan anggota DPRD Kota Kupang asal PDI Perjuangan, Adrianus Talli kepada wartawan, Rabu (10/7).Saat dikonfirmasi terkait hal tersebut.

Dikatakanya, dengan telah diserahkan dan menjadi aset Pemkot Kupang, maka Pemkot Kupang mempunyai kewenangan full bagi Kota Kupang.

“Ya kalau ada kerusakan dan lain-lainnya tidak perlu lagi menunggu dari pusat, tetapi sudah bisa dianggarkan melalui APBD Kota Kupang untuk biaya pemeliharaan dan  perbaikan guna PJU ini bisa terjaga dan bermanfaat bagi masyarakat kota,” kata politisi tiga periode tersebut.

Di mengaku, jika PJU ini tidak diserahkan pemerimtah pusat ke pemerintah kota, maka tentunya pemerintah kota tidak memiliki kewenangan.Namun, dengan telah diserah terimakan PJU tersebut, maka pemerintah kota harus serius memperhatikan PJU tersebut.

Karena, lanjutnya PJU yang sudah dipasang tahun lalu tersebut ada yang mati atau  putus agar segera diperbaikinya.

” Kami selaku wakil rakyat kota tentunya berterima kasih dengan adanya perhatian dari pemerimtah pusat, namun lebih bagus lagi PJU Tenaga Surya yangbtidak.lagi dianggarkam melalui APBD, tetapi hanya dianggarkan PJU melalui jaringan PLN, maka diharapkan pemerintah pusat dapat membantu lagi PJU TS tersebut lagi bagi masyarakat kota,” pintanya.

Menurutnya, wilayah-wilayah yang ada di Kota Kupang masih ada baik itu  wilayah dipingiran kota maupun dalam.kota yang belum terjangkau lampu penerangan PLN bisa terbantun dengan PJU TS tersebut.

Namun, tambahnya pemerintah dapat melakukan pendataan secara baik wilayah yang belum ada jaringan PLN, guna bisa dapat diusulkan ke pemerintah pusat, guna bantuan yang nantinya jika dibantu lagi dari pemerintah pusat untuk masyarakat kota  bisa terlihat secara data  yang falid.

Sementara melalui siaran pers Humas Kota Kupang,  bertempat di Hotel Melia Purosani, Yogyakarta, Selasa (9/7) kemarin, telah dilaksanakan Penandatanganan berita acara serah terima dan naskah hibah barang milik Negara antara Kuasa Pengguna Barang, Direktorat Jenderal Energi Baru, terbarukan dan Konservasi Energi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia sebagai pihak pertama dengan Walikota Kupang, Dr. Jefirstson R. Riwu Kore, MM, MH.

Penandatanganan tersebut disaksikan oleh Inspektur Jenderal Kementerian ESDM Republik Indonesia, Akhmad Syakhroza dan Direktur Jenderal Energi Baru, terbarukan dan Konservasi Energi Kemeterian ESDM Republik Indonesia, F. X. Sutjiastoto.

Adapun jenis barang yang diserah-terimakan berupa Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya (PJS-TS) sebanyak 175 unit yang telah terpasang di wilayah Kota Kupang dan diresmikan oleh Menteri ESDM Republik Indonesia, Bapak Ignasius Jonan pada bulan Maret 2019 yang lalu. Total nilai perolehan dari 175 unit JPU dimaksud adalah sebesar Rp 3.209.751.592,-.

Walikota Kupang  dalam.kesempatan itu t mengapresiasi penyerahan PJU-TS tersebut dari pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian ESDM Republik Indonesia kepada Pemerintah Kota Kupang, dengan harapan agar kementerian ESDM Republik Indonesia dapat terus mendukung Pemkot Kupang dalam mewujudkan Kota Kupang yang lebih terang, indah serta aman bagi masyarakat.

Dalam kesempatan tersebut, turut mendampingi Walikota Kupang antara lain Kepala Badan Keuangan Daerah Kota Kupang, Jeffry E. Pelt, SH, Kabag Humas dan Informasi Setda Kota Kupang, Yanuar Dally, SH, M.Si dan Kabag Umum Setda Kota Kupang, Djoni D. Bire, SH. (Yon)

Berikan Komentar Anda.