Home Humaniora Jaga Potensi Laut, KKP Gelar Aksi Nyata Bersih Pantai dan Laut

Jaga Potensi Laut, KKP Gelar Aksi Nyata Bersih Pantai dan Laut

302
0
SHARE

Kupang, Terasntt.com– Menyemarakkan semangat kemerdekaan Republik Indonesia ke-73, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menggelar aksi nasional serentak bersih pantai dan laut di 73 titik pesisir pantai di seluruh Indonesia, Minggu (19/08/2018).

Salah satu lokasi kegiatan di Nusa Tenggara Timur berpusat di Pantai Oesapa, Kota Kupang diahadiri Pejabat Gubernur NTT, Walikota Kupang, TNI dan POLRI, KKP, BUMN, HNSI serta mahasiswa dan masyarakat.

Kepala Balai Kawasan Konservasi Perairan Nasional(BKKPN) Kupang, Ikram M. Sangadji selaku koordinator aksi, kepada media ini mengungkapkan kegiatan tersebut bertujuan untuk membangkitkan kebersamaan dan kesadaran masyarakat untuk peduli terhadap kebersihan pantai dan laut terutama dari sampah plastik.

“Kegiatan ini bertujuan untuk membangkitkan kesadaran dan kebersamaan seluruh steakholder KKP serta mengajak masyarakat untuk peduli terhadap kebersihan pantai dan laut dalam rangka melestarikan sumber daya kelautan dan perikanan Indonesia” ungkap Ikram.

Sementara itu, pejabat Gubernur NTT Robert Simbolon dalam sambutannya sekaligus membuka kegiatan tersebut mengungkapkan laut sebagai sektor pembangunan yang strategis untuk NTT memiliki peran penting sehingga patut dijaga dan di lestarikan.

“Peran penting wilayah perairan NTT dalam berbagai bidang yaitu Perdagangan, perhubungan, energi, pariwisata, konservasi serta pendidikan dan juga sebagai salah satu instrumen untuk menjaga ketahanan pangan atau foof security harus terus dilestarikan dan dijaga kebersihannya” ungkap Robert.

Selain itu, Robert menambahkan harapannya terhadap aksi ini agar berdampak positif dan berkontribusi mengurangi sampah dilaut NTT serta mengajak seluruh elemen pemerintahan hingga masyarakat untuk merawat, mencintai dan menjaga laut dengan tagline Katong jaga, Katong Cinta, Katong Peduli Laut Bersih NTT. (Exel Arnoldus)

Foto    : Eman Sairo

Editor : Rafael L Pura

Berikan Komentar Anda.