Home Daerah Kades  & Masyarakat To’i Swadaya Bangun Kantor Desa 

Kades  & Masyarakat To’i Swadaya Bangun Kantor Desa 

254
0
SHARE

Soe,terasntt.com — Kondisi kantor Desa To’i, Kecamatan Amanuban Selatan, Kabupaten TTS memrihatinkan. Merasa tidak nyaman untuk pelayanan Kades Jidro Lakapu bersama masyarakat secara swadaya membangun kantor baru.

Inisiatif ini mendapat sambutan positif dari masyarakat sekaligus membentuk panitia untuk menghimpun dana sekaligus pengelolaannya.

Saat ditemui di Soe, Selasa (6/11/2018)9 kades Jidro Lakapu menjelaskan, bahwa dirinya merasa prihatin dengan beberapa bagian bangunan  kantor desa yang sudah rusak hingga membuatnya tidak nyaman saat memberikan pelayanan sehingga  bertekad untuk membangun gedung baru di lokasi yang sama dengan swadaya baik dana maupun pekerjaan nantinya.

” Kami sudah bentuk panitia dan sudah dibuatkan surat keputusan yang  selanjutnya panitia akan buka rekening untuk menggalang dana,”ujarnya.

Menurutnya sudah ada kesepakatan bersama masyarakat dan  menetapkan jumlah sumbangan yang dibagi dalam tiga  kategori  yakni:
1. Bagi yang berpenghasilan dan PNS/aparat desa sebesar Rp 1.000.000
2. Keluarga  utuh sebesar Rp 500.000
3.Janda/duda sebesar  250.000.

Tak hanya masyarakat dalam desa tapi saudara/kerabat dari luar daerah seperti Kalimantan,Jawa juga sudah konfirmasi untuk bersedia menyumbang demi pembangunan kantor desa tersebut.

” Sebagai kepala desa,saya berterima kasih kepada masyarakat setidaknya langkah awal sudah bersedia menyumbang dan semoga  berjalan sesuai dengan apa yang sudah terkonsep,” harapnya.

Sementara ketua panitia Nikodemus Takela mengungkapkan  bahwa sudah ada SK dan akan  membuka rekening untuk selanjutnya dilakukan  pengumpulan dana  sesuai dengan kategori yang sudah ditentukan bahkan  keluarga dan saudara yang berada diluar daerah.

Ia sangat mengapresiasi apa  yang dilakukan  kepala desa sebagai langkah pemimpin yang punya jiwa peduli dan  membangun.

“Banyak hal yang sudah bapak desa lakukan di kampung ini termasuk berbagai inovasi dan itu sudah ditiru oleh daerah lain,sebagai masyarakat saya sangat bangga,” katanya penuh semangat.(sys)

Berikan Komentar Anda.