Home Hukrim Kajari Larantuka : Dana yang Disita Telah Dikembalikan ke Kas Negara

Kajari Larantuka : Dana yang Disita Telah Dikembalikan ke Kas Negara

132
0
SHARE

Kupang, Terasntt.com – Kepala Kejaksaan Negeri Larantuka (Kejari), I Putu Astawa Menjelaskan, Dana yang disita dari para tersangka korupsi telah dikembalikan ke kas Negara per 8 mei 2017.

“Total dananya sebesar Rp 788.401.589 juta, bukan 800 juta. Uang itu telah disetor ke Bank BRI per 8 mei kemarin,” ujarnya saat dihubungi terasntt.com, Jumad, (12/1/2018).

Pernyataan Kajari ini menjawab tuntutan Forum Solidaritas Anak Flores Timur (Sadar), Gerakan Anti Korupsi Flores Timur (Gertak), dan Lembaga bantuan hukum pemerhati hak demokrasi dan hak asasi manusia Flotim saat menggelar aksi damai di Kejari Flotim Kamis (11/1/2018), kemarin.

Masa aksi tersebut menuntut masalah uang muka dari kontraktor Paul Mela dalam kasus hukum dua peket proyek pembangunan jalan di pulau Solor Tahun Anggaran 2016.

Juga menuntut Kepala Kejari Larantuka untuk segera menyetor kembali ke kas daerah Flotim uang sebesar Rp 800 juta itu.

Forum juga meminta klarifikasi kepada Kajari terkait dugaan melakukan pemerasan terhadap pengusaha dan masyarakat yang berperkara.

Juga Menuntut Kajari Larantuka mengembalikan uang dugaan hasil pemerasan kepada para pihak yang menjadi korban pemerasan.

Meski telah dijelaskan, Kata Astawa, anggota forum mempertanyakan mengapa uang disita di luar proses pengadilan, dan seharusnya uang itu dikembalikan ke kas daerah.

Terhadap pertanyaan ini, Astawa menjelaskan, kejaksaan menjalankan perintah pengadilan yang perkaranya sudah berkekuatan hukum tetap. Uang itu harus diserahkan kepada kejaksaan.

Sementara, terkait dugaan pemerasan oleh oknum jaksa, Kejari Astawa menjelaskan, oknum bersangkutan masih dalam proses pemeriksaan internal oleh Kajati.

“Jika terbukti bersalah, yang bersangkutan pasti dihukum. Baik hukuman internal, bahkan dipidana,” ujarnya.

Astawa mengatakan, diskusi itu berlangsung cukup panjang, namun pada akhirnya, forum menerima penjelasan pihak kejaksaan. (raf)

Berikan Komentar Anda.