Kembangkan Media Komunitas, GSC Ikut Pelatihan Menulis

Kembangkan Media Komunitas, GSC Ikut Pelatihan Menulis

122
0
SHARE
Foto : Tim

KEFAMENANU, terasntt. com — Keberadaan media komunitas sebagai bentuk respon atas kebutuhan informasi yang berpihak kepada masyarakat perdesaan, terutama masyarakat miskin dan marjinal. Media komunitas juga merupakan kekuatan baru bagi masyarakat untuk memberitakan persoalan – persoalan yang tidak terjamah oleh media pada umumnya.

Mengingat salah satu tujuan kegiatan ini untuk mendorong warga mengekspresikan gagasan, pikiran dan pengalaman melalui media komunitas, maka pada hari Senin (4/12/2017) bertempat di kantor camat Kota Kefamenanu, berlangsung kegiatan pelatihan lanjutan pengembangan media komunitas.

Arahan ketua PJOK Kecamatan Kota Kefamenanu, Yohanes Ab, bahwa pelatihan lanjutan dari pembekalan fasilitasi pengembangan media komunitas ini penting bagi pelaku pelaksana fasilitasi tahap II.

“Pelatihan lanjutan ini sangat penting bagi pelaku fasilitasi tahap II agar seluruh peserta mampu menulis atau membuat sebuah tulisan berita yang baik dan benar dalam rangka penerbitan Buletin khusus bagi Generasi Sehat Cerdas (GSC) Kefamenanu,” kata Abi mewakili camat Yonas Tameon.

Ia menambahkan, bahwa pengembangan media komunitas dimaksudkan sebagai sarana pembelajaran masyarakat mengenai teknik sosialisasi yang efektif dengan menggunakan media lokal. Untuk itu, Tim FK tidak boleh mengambil alih peran pembelajaran tersebut, melainkan harus dapat meningkatkan kapasitas masyarakat agar secara mandiri dan bertahap, mampu mengelola dan mengembangkan sendiri media komunitas yang dimiliki sesuai dengan situasi dan kondisi masyarakat setempat.

Kegiatan Pengembangan media komunitas GSC ini, selain bertujuan mendorong warga untuk mengekspresikan gagasan, pikiran dan pengalaman melalui media komunitas juga bermanfaat untuk meningkatkan kesadaran warga tentang pentingnya informasi terutama terkait dengan permasalahan warga dan mendorong partisipasi, swadaya dan akses warga terhadap kegiatan pembangunan komunitas.

Pelaksanaan kegiatan Pelatihan Pengembangan Media Komunitas menghadirkan nara sumber Judith Lorenzo Taolin, jurnalis salah satu media elektronik.

Menurut Taolin, Penyampaian materi dilakukan dalam dua tahap yakni pembekalan yang bersifat teoritis dan simulasi atau praktik untuk penerapannya tentang pembuatan audio visual dan media sosial.

“Kegiatan ini menggunakan dua metode, yakni peningkatan kapasitas atau pembekalan secara teoritis dan simulasi atau praktik untuk penerapannya,” jelas Taolin di Kefa, Rabu (6/11/2017).

Dijelaskannya lebih lanjut,”Pada tahap pembekalan lebih difokuskan pada pemahaman media komunitas, kemudian mengajak peserta melakukan curah pendapat dengan mengajukan beberapa pertanyaan penggerak menyangkut pola penyebarluasan informasi di desa dan dampak dari penggunaan media komunikasi apakah bisa menjangkau sasaran. Sementara untuk praktik pengembangannya, peserta dikelompokkan dalam beberapa kelompok kerja. Peserta melakukan peliputan ke lapangan untuk mencari peristiwa yang menarik sesuai tema yang telah disepakati untuk diberitakan perkelompok”.

Peserta Pelatihan dari 9 kelurahan dalam kecamatan Kota kefamenanu ini antara lain, Pendamping Lokal, Sekdes, KPMD/Kader Kesehatan/ Posyandu, Perwakilan tokoh masyarakat, perwakilan PKK dan Kepala dusun, didampingi langsung Ketua PJOK,Yohanes Abi, ketua UPK Emanuel Oki dan FK GSC Kota Kefamenanu Yusiana Leobisa.
Kegiatan pelatihan yang dibuka secara resmi oleh ketua PJOK Yohanes Abi mewakili Camat ini diharapkan mampu memperlihatkan semakin meningkatnya kesadaran warga tentang pentingnya informasi, meningkatnya minat baca, minat diskusi dan minat menulis di kalangan warga terutama terkait dengan permasalah desa. Dan adanya partisipasi, swadaya dan akses warga terhadap kegiatan pembangunan komunitas.(tim)

Berikan Komentar Anda.