Home Politik Di Kota Kupang, Ada 3.222 Lembar Surat Suara Rusak

Di Kota Kupang, Ada 3.222 Lembar Surat Suara Rusak

293
0
SHARE

Kupang,Terasntt.com,- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Kupang menemukan sebanyak 3.222 lembar surat suara yang rusak.

“Dalam proses sortir dan pelipatan kertas suara pemilihan  Presiden dan wakil Presiden, Caleg DPRD RI, DPD, Provinsi dan Kota Kupang, ditemukan 3.222 lembar surat suara yang rusak, yang dimana kerusakan surat sauara yang ditemukan bervariasi  dalam tiap tahap pemilihan,”
kata Ketua KPu Kota Kupang Deky Ballo kepada wartawan di saat ditemui di Balai Kota Kupang, Jumat (5/4).

Dia mengatakan, terkiat dengan kerusakan ini pihaknya  telah berkoordinasi dengan KPU RI, dan mereka telah menangapinya dengan meminta kepada kami untuk bersabar tanggal 8 sampai 11 April sudah bisa sampai surat suaranya.

” Dengan hasil sortiran dan pelipatan ini, maka KPU berencana besok ( Sabtu 6 April 2019) pihanya  akan melakukan pengepakan satu kecamatan yakni Kecamatan Kota Raja, dengan  sambil menunggu surat suara yang masing kurang. Sehingga Lanjutnya,  jika surat suara suara penganti yang rusak sudah datang maka KPU akan melakukan pengepakan untuk kecamatan yang lain.

“Kerusakan ini ada dalam berbagai tahap pemilihan adanya kurang di DPR RI, DPR Provinsi hampir disemua kecamatan yang ada di beberapa TPS saja,” ujarnya.

Dikatakanya, dalam satu TPS ada lima kotak suara dengan jumlah TPS sebanyak 1.162 TPS.

Sementara disinggung soal pemilih pemula, Dia mengatakan KPU telah menerima surat dari KPU RI dan salinan dari MA, yang dimana tidak memiliki e-KTP dapat melakukan surat keterangan pada hari H nantinya.

Sedangkan yang tidak terdaftar dalam DPT, namun memiliki e-KTP menurutnya pada hari H bisa membawa e-KTP nantinya untuk mencoblos.

“Mereka pemilih yang menggunakan e-KTP masuk dalam Daftar Pemilih Khusus (DPK)  tidak bisa mendektesi jumlahnya ditiap TPS, namun jumlah ini tidak terlalu banyak yang masuk dalam pemilih DPK,” tuturnya.(Yon)

Berikan Komentar Anda.