Home Pendidikan Larangan Siswa Bawa Hanphone dan Motor Akan Diberlakukan Pemkot Kupang

Larangan Siswa Bawa Hanphone dan Motor Akan Diberlakukan Pemkot Kupang

137
0
SHARE

Kupang, Terasntt.com,- Larangan membawa henpone  (Hp) dan motor bagi siswa-siswi Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama akan siap diberlakukan Pemerintah Kota (Pemkot)  Kupang ditahun ajaran baru.

Wakil Wali Kota Kupang,  Hermanus Man mengatakan, memasuki tahun ajaran baru, pemerintah kota akan menerpakan kebijakan baru, yang mengatur agar semua siswa-siswi SD dan SMP di Kota Kupang dilarang membawa handphone dan kendaraan roda dua di sekolah.

“Kami akan membuat edaran kepada kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Kupang untuk menyampaikan kepada semua sekolah baik tingkat SD dan SMP di Kota Kupang, bahwa semua peserta didik dilarang membawa handphone dan kendaraan motor ke sekolah,” kata Hermanus Man yang ditemuai di Balai Kota Kupang belum lama ini kepada wartawan

Dijelaskannya,  perlu adanya aturan  tersebut  guna tidak mempengaruhi akan proses pendidikan anak  di sekolah terutama berkaitan dengan krakter anak yang merupakan generasi penerus dan harapan keluarga.

“Dengan perkembangan zaman sekarang, kita lihat banyak siswa-siswi yang membawa handphone dan motor ke  sekolah.Hal ini tentu sangat berpengaruh pada perkembangan karakter anak, sebab terpenting dalam sebuah pendidikan adalah pembentukan karakter anak,” jelasnya.

Dikatakanya, bagaimana dalam proses belajar di  sekolah  anak didik dapat terbentuk karakternya,  jika henpone yang selalu menjadi perhatian bagi anak akan  berpengaruh pada kesehatan dan psikologi anak.

“Aspek terpenting dari pembentukan karakter anak didik adalah bagaimana interaksi sosial anak,  bagaimana membentuk kepekaannya terhadap lingkungan sekitar,  anak harus bermain dengan sesamanya,  dan saling berinteraksi,” ungkapnya.

Ditambahkannya, hal lain yang mempengaruhi pembentukan karakter anak usia SD dan SMP sudah membawa kendaraan ke sekolah yakni sudah melanggar aturan,  karena usia SD dan SMP tentunya mereka belum mengantongi Surat Izin Mengemudi ( SIM). (Yon)

Berikan Komentar Anda.