Megawati minta masyarakat NTT di garda terdepan bela Pancasila

Megawati minta masyarakat NTT di garda terdepan bela Pancasila

214
0
SHARE
Foto : Istimewa

KUPANG, Terasntt.com – Presiden RI ke-5 Megawati Soekarnoputri meminta masyarakat di NTT berada di garda terdepan mempertahankan ideologi Pancasila sebagai dasar negara. Sebab, Pancasila merupakan pemersatu serta perekat bangsa.

“Apabila ada orang yang ingin mengubah Pancasila sebagai dasar negara dan pemersatu serta perekat bangsa dengan nama lain, maka masyarakat NTT harus berada di baris depan untuk membela dan mempertahankan hingga titik darah penghabisan,” kata Megawati di Kupang, seperti dilansir Antara, Minggu (27/8).

Megawati mengungkapkan alasan masyarakat NTT harus berada di baris terdepan. Bung Karno merefleksikan dan merumuskan sila demi sila hingga menjadi Pancasila ketika berada di Ende, Flores.

Mega mengungkapkan, ideologi Pancasila saat ini mendapat tantangan besar. Ada pihak-pihak yang ingin mengubah dasar negara. Karena itu setiap warga negara tidak boleh hanya sekadar menyebut cinta Pancasila di mulut, tetapi harus disimpan dalam hati sanubari dan dipraktekannya dalam hidup berbangsa dan bernegara.

“Soekarno ketika dibuang ke Ende, Flores, melahirkan ide Pancasila itu. Walaupun ide itu muncul di bawah pohon sukun dan sudah mati sekarang, tetapi ideologi Pancasila tetap ada,” katanya.

Ketua umum PDIP ini tidak rela Indonesia menjadi seperti Timur Tengah yang selalu dihantui perang saudara. Indonesia memiliki modal Pancasila sebagai perekat kehidupan bangsa.

“Saya ajak kaum muda untuk mendalami ideologi Pancasila dengan baik dan benar. Pancasila harus diterima sebagai ideologi negara. Kaum muda harus menjunjung tinggi rasa merdeka,” katanya.

Karena itu, dia minta kader PDIP dari Sabang sampai Merauke tidak tinggal diam dengan kondisi tersebut.

“PDIP siap pasang badan menghadapi siapapun yang mencoba mengubah dasar negara kita,” tegasnya. [merdeka.com/noe]

Berikan Komentar Anda.