Home Daerah Meski Ada Kendala, Warga Mnelaanen Senang Sumber Air Sudah Dekat

Meski Ada Kendala, Warga Mnelaanen Senang Sumber Air Sudah Dekat

13
0
SHARE

Bak penampung air Sonbila/ foto istw

Soe, terasntt.com — Masyarakat Desa Mnelaanen Kecamatan Amanuban Timur mendapat bantua sumur bor dari Dinas Pertambangan Kabupaten Timor Tengah Selatan. Walau belum dinikmati seluruh warga, mereka sangat berterima kasih karena sumber air sudah dekat.

” Air sudah dinikmati sebagian masyarakat, namun ada beberapa kendala sehingga terkadang macet dan tidak bisa gunakan,” kata Kepala Desa Mnelaanen, Yustus Agustinus Fallo di Soe, Jumat (29/11/2019).

Menurut Fallo, sedikit tidaknya masyarakat sudah senang karena sudah punya sumber air dari sumur bor Sonbilo, namun kendalanya listrik sering padam sehingga mesin pompa sudah dua kali mengalami kerusakan.

” Atas kerusakan pompa tersebut masyarakat diminta kontribusi uang sebesar Rp 50 ribu per KK untuk memperbaikinya,” kata Fallo.

Kendala lain yang dihadapi, lanjut Pria berkumis ini yakni hanya memiliki satu bak penampungan bantuan dari PLAN Indonesia sehingga terkadang sebagian masyarakat tidak kebagian air.

” Listrik sering padam menfakibatkan mesin rusak dan juga kekurangan bak penampung sehingga banyak masyarakat tidak terlayani,” tegasnya.

Kedepannya kanjut kades ia akan membangun bak penampungan lewat alokasi dana desa, agar semua masyarakat bisa menikmati air tersebut.

pada tempat terpisah anggota DPRD Viktor Imanuel Soinbala ketika diminta komentarnya mengatakan, seharusnya kepala desa menyiapkan fasilitas pendukung lewat alokasi dana desa sehingga jangan terkesan hanya segelintir orang yang menikmati air tersebut.

” Ini kan musim panas dan air sangat susah padahal sumber itu dekat,hanya saja tidak ada kreativitas untuk bagaimana kelola air untuk masyarakat,” ujar Viktor.

Ia pun minta agar segera bangun bak penampungan minimal di setiap RT agar semua masyarakat dapat menikmati air bersih.

” Sebagai pemimpin di desa jika sudah ada bantuan sumur bor dari pemerintah kabupaten mestinya diikuti dengan perencanaan yang sumbernya dari dana desa agar bisa konek dengan membangun fasilitas pendukung seperti bak penampungan. Ini ada pada bagaimana melihat dan merencanakan, jika tidak seperti sekarang ini ada bantuan sumur bor sedangkan kepala desa buat pekerjaan jalan dan sebagainya.
Saya minta segera bangun bak penampung agar air tersebut bisa dinikmati semua masyarakat di desa Mnelaanen,” ujar Viktor. (sys)

Berikan Komentar Anda.