Home Daerah Musim Hujan Tiba, Dinas Pertanian Distribusi Bibit Untuk Masyarakat

Musim Hujan Tiba, Dinas Pertanian Distribusi Bibit Untuk Masyarakat

23
0
SHARE

Kadis Pertanian dan Perkebunan Otnial Neonane/ foto erik sanu

Soe, terasntt.com — Musim hujan telah tiba masyarakat Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS) sedang, bahkan sebagian sudah menyiapkan lahan untuk musim tanam tahun ini. Pemerintah tengah mempersiapkan bibit dan mendistribusikannya kepada petani melalui kelompok.

Demikian disampaikan Kadis Pertanian dan Perkebunan Otnial Neonane saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (26/11/2019).

Ia menjelaskan khusus untuk bibit jagung dan kacang sudah didistribusikan sejak bulan September lalu.

Menurutnya pemerintah membuat program Tanam Jagung Panen Sapi dengan mengolah lahan gratis seluas 450 Ha bagi masyarakat dengan rincian 350 Ha bersumber dari APBD Propinsi selain pengolahan tanah juga bantuan berupa benih dan pupuk sedangkan 100 Ha lainnya dari dana APBD kabupaten.

Lahan seluas 450 Ha tersebar di empat kecamatan yaitu Amanuban Barat, Boking ,Amanuban Selatan dan Kualin dengan melihat lahan kering yang punya potensi pertanian.

” Lahan sudah siap dan sisanya sementara berjalan yang masih sisa 50 ha sedang dikerjakan. Saya optimis segera selesai dalam waktu dekat untuk segera menyambut musim tanam,” ujar Neonane.

Sementara itu berbagai bibit dari APBN seperti padi sawah untuk seluas 750 Ha , Jagung Hibrida 1000 Ha, Jagung Hibrida Bima Urih 19 untuk 500 Ha, Jagung Hibrida Bisi 2-228 1000 Ha, Bawang Merah 10 ton, Bawang Putih 40 ton , Cabe Rawit 100 bungkus, Jeruk Soe 10 rb pohon, pengembangan tumpang sari jagung dan padi ladang 500 ha.

Sumber dana APBD Propinsi meliputi ubi kayu 50 ha ,padi sawah 75 Ha tanam Jagung panen Sapi 350 ha. Sedangkan APBD Kabupaten yakni padi sawah 200 ha,jagung komposit 10 Ha, Kacang Hijau 20 ha, Kelor 5000 pohon dan Jeruk 20rb.

Dari semua bibit tersebut, sudah terdistribusi antara lain jagung sedangkan kelapa,kemiri ,kopi ,jeruk masih menanti hujan baru dilakukan distribusi saat hujan dan dipastikan untuk menanam.

” Distribusi dilakukan melalui kelompok tani sesuai permohonan dan hasil verifikasi dinas,” ujarnya Kadis.(sys)

Berikan Komentar Anda.