Pantai Liman, Surga Kecil yang Belum Tersentuh

Pantai Liman, Surga Kecil yang Belum Tersentuh

337
0
SHARE
Foto : Beni

NTT adalah Provinsi Kepualauan yang menyimpan potensi pariwisata besar, baik taman laut, pantai berpanorama indah, juga padan savana yang terbentang di berbagai daerah.

Kendati demikian banyak potensi wisata ini belum tersentuh ibarat anak perawan yang masih luguh, yang salah satunya pantai Bun Liman yang berpanorama indah, bersih dan menawan di Pulau Semau, Kabupaten Kupang.

Pantai Bun Liman merupakan sebuah pantai indah yang memiliki gugusan pasir putih, bersih, yang sangat luas dan terbentang panjang di bagian Selatan, Pulau Semau. Jejeran pasir putih nan indah ini sangat memukau diapiti keindahan bukit kecil menjadikannya sangat eksotis dan menawan, berbeda dari pantai lainnya yang ada di Pulau Timor. Ibarat surga kecil yang belum tersentuh, pantai Bun Liman masih sangat alami, bersih dan jika mendapat sentuhan fasilitas penunjang akan menjadikannya sebagai obyek wisata terkenal di NTT.

Agar sampai di Pantai Bun Liman, pengunjung harus menempu dalam waktu 2 jam dari Kota Kupang menggunakan transportasi penyeberangan baik kapal Feri maupun perahu motor yang ditambatkan di Pelabuhan Tenau.

Camat Semau, Jhoni Ukat ketika ditemui di Semau, menyampaikan bahwa pulau Semau memiliki keindahan pantai yang indah luar biasa, pantai masih alami, berpasir putih dengan laut yang bersih sekali.

Diakuinya dengan tersedianya kapal Feri penyebrangan dan banyaknya kapal motor dari dan ke Semau membuat banyak orang datang dan berwisata di Pulau Semau terkhusus ke Pantai Bun Liman.

“ Pantai Liman ada di Kecamatan Semau Selatan namun akses jalannya dari Kecamatan Semau karena dermaganya ada di wilayah itu,” jelas Jhoni.

Selain di Bun Liman ada alternatif wisata pantai yang juga tak kalah indahnya, adalah pantai otan, pantai batu inan dan Pantai Hansisi.

Besar harapannya pembenahan akses transportasi berupa penyiapan kendaraan di Pulau Semau hingga tambahan perbaikan infrastruktur jalan lingkar pantai menjadikan Semau, sebagai pulau tujuan wisata di NTT Khsusunya di Kupang.

Beberapa Wisatawan, saat ditemui di Pantai Liman, mengungkapkan kekagumannya akan karya Tuhan menciptakan pantai yang begitu indah dan menawan.

Dokter Resti Victoria Fanggidae yang datang bersama teman-teman internship dari RS. Wirasakti Kupang menyatakan kekagumannya akan keindahan pantai Bun Liman.

Menurutnya Salah satu view yang paling indah ialah dari sisi bawah bukit yang begitu menawan karena dihiasi oleh pasir putih berkilau, panjang terbentang di latarbelakangi bukit Liman yang indah.

Resti menjelaskan bahwa dirinya bersama teman – teman seprofesi sengaja datang ke pantai ini untuk menyaksikan secara langsung bagaimana indahnya pantai Bun Liman yang pernah dilihat dari media sosial facebook saja.

Sementara Dedy Pinis salah seorang pengusaha asal Kota Kupang mengatakan, bahwa Pulau Semau memiliki potensi pariwisata yang sangat menawan bahkan tidak kalah dari daerah lain seperti Bali dan Lombok yang pernah dikunjunginya.

Ia berharap ada perhatian serius Pemerintah untuk mengembangkan pariwisata menjadi keunggulan daerah.

Demikian juga pengunjung lainnya Icuk Ludhony mengungkapkan, Keindahan alam di NTT sesungguhnya layak mengantarkan NTT menjadi salah satu destinasi favorit di Indonesia bahkan dunia jika dikelola dan dikembangkan dengan baik oleh Pemerintah maupun pihak swasta.(Beni/ Humas Kabupaten Kupang)

Berikan Komentar Anda.