Home Humaniora Pastor Pembantu Pindah, Umat Paroki Lite Datangi Uskup

Pastor Pembantu Pindah, Umat Paroki Lite Datangi Uskup

478
0
SHARE

Larantuka,Terasntt.com — Pasca dibacakan Surat Keputusan (SK) Mgr. Fransiskus Kopong Kung, Pr yang memindahkan Rm.  Agustinus Siswani Iri Pr, selaku pastor pembantu pada gereja St. Yoseph Paroki Lite di Adonara Tengah, Kabupaten Flores Timur (Flotim) mendapat protes dari sebagian besar umat setempat. Bahkan mereka mendatangi istana keuskupan, Kamis (4/12/2017) untuk membatalkan SK tersebut dengan mengajuhkan beberapa alasan.

Dalam pertemuan itu salah seorang umat,
Hironimus Doma Corebima membuka mengatakan, bahwa kehadiran mereka terkait pemindahan Rm.  Gusti yang dinilai merugikan umat.

Dan pada kesematan tersebut,  Aloysius Boli Rimo membacakan pernyataan sikap mereka bahwa, pemindahan Rm. Gusti bisa berdampak semakin kurang partisipasi umat dalam kehidupan bergereja, Iuran paroki akan mandek,  Umat paroki masih sangat membutuhkan gembala yang sederhana, murah hati, bijaksana dan selalu dekat dengan umat tanpa memandang kasta sosial, Memiliki ide atau gagasan dalam mengembangkan iman umat serta perkembangan kehidupan gereja.

Lebih lanjut Hironimus meminta agar ada diskusi bersama terkait Sk itu. Karena Kmkehadiran Rm.  Gusti di Paroki Lite  membawa dampak besar bagi umat.

” Romo gusti adalah sosok yang mengumat, dia tidak memilah perbedaan antara katolik dan islam. Dia mampu memberikan kesadaran sikap mental umat yang jujur, terbuka, bertanggung jawab dan menjadi teladan hidup umat. Kehadiran kami hari ini, spontanitas dari umat tidak ada intervensi dari pihak manapun,” katanya.

Demikian Boli Rimo berharap adanya pertimbangan dari bapak uskup atas pemindahan Rm. Gusti.

Vinsen Mangu Ike juga mengatakan, bahwa Rm. Gusti merupakan sosok yang militan, sederhana, cinta umat, selalu menjalin komunikasi dengan umatnya pada setiap program dan kesempatan.

Lebih lanjut ia meminta, agar evaluasi tidak hanya sebatas pada pastor tetapi perlu juga evaluasi sampai ke umat.

Sementara vikjen keuskupan larantuka, mengatakan, bersedia menyampaikan harapan umat ini kepada uskup.

Vikjen tidak bisa mengambil keputusan kepada umat terkait SK pemindahan Romo atau pastor karena semua atas pertimbangan dalam rapat imam se- keuskupan Larantuka,  “katanya.(Ivan Wuran)

Berikan Komentar Anda.