Home Ekbis Pemkot Gandeng Investor Cina Bangun Bangun Air Baku

Pemkot Gandeng Investor Cina Bangun Bangun Air Baku

695
0
SHARE

KUPANG, Terasntt.com — Untuk mengatasi krisis air di Kota Kupang, Pemerintah telah mengandeng Mr. Whang Shi Shen asal Beijing Cina untuk membangun air baku. Mr. Whang menunjukan keseriusannya, hingga hadir langsung di Kota Kupang untuk meninjau lokasi kali dendeng dan beberapa obyek lain untuk dikaji sebelum ditetapkan sebagai kesepakatan kerjasama.
Walikota Kupang, Jonas Salean didampingin President Director Western Star Community Mr. Whang, Perwakilan Western Star Community Indonesia, Zhang Jie Ming , Direktur PT. Cahaya Asia Timur, Iskandar Wibisono dan Direktur PDAM Kota Kupang, Noldy Mumu dalam jumpa pers di Aston Hotel, Sabtu (31/10/2015) malam, mengatakan, penyediaan air bersih menjadi prioritas jika pemerintah Kota Kupang perusahan asal Beijing China, Western Star Community sepakat membangun kerja sama.
Salean mengatakan, masalah utama yang ada di Kota Kupang adalah air bersih, penerangan dan Infrastruktur jalan. Masalah penerangan Jalan dan infrastruktur Jalan masih bisa ditanggulangi oleh pemerintah Kota Kupang. Tetapi masalah air bersih masih menjadi kendala utama menyusul persoalan pembangunan bendungan kolhua tidak pernah Tuntas.
“Masalah penyediaan air bersih bagi masyarakat masih menjadi kendala utama pemerintah sehingga pemerintah akan melakukan segala cara, termasuk bermitra dengan perusahab yang bisa mencari jalan keluarnya,” katanya.
Ia mengatakan, Perusahan Western Star Community yang bergerak dibidang penyediaan air bersih, air kemasan, infrastruktur dan perkapalan mengundang dirinya bersama direktur PDAM Kota Kupang, untuk melihat langsung keberadaan perusahan tersebut dalam hal penyediaan air bersih di Beijing. Setelah melihat aktifitas perusahan itu dan mendapat penjelasan dari pihak perusahan bahwa teknologi penyiapan air bersih baik pengolahan air sungai dan laut menjadi air layak konsumsi, pihak pemerintah membuka peluang untuk penjajakan kerja sama karena Kota Kupang merupakan daerah mengalami kekurangan air. Setelah mendengar penjelasan pemerintah, pihak Western Star Sommunity memutuskan melakukan kunjungan penjajakan di Kota Kupang, dan mereka telah melakukan penjajakan keliling sejak sabtu pagi (31/10/2015).
Dari hasil penjajakan, kata Salean, mereka menemukan beberapa solusi untuk menjawab kebutuhan air bagi masyarakt di Kota Kupang, dan solusi sudah disampaikan kepada pemerintah Kota Kupang.
Menanggapi permintaan Pemerintah Kota Kupang, Mr. Whang, mengaku hasil penjajakan ditemukan beberapa potensi di Kota Kupang, ada dua tempat yang bisa dijadikan sumber air baku masyarakat. Kedua sumber air bisa diolah untuk konsusmsi masyarakat adalah sumebar air di Kali Dendeng dan Kali Liliba. Kedua kali itu bisa menjadi sumber air baku masyarakat tapi hasus sedikit menggunakan konstruksi tangkapan air, agar air tifak terbuang percuma. Dari kedua sumber itu, kata dia, sumber di Kali Dendeng yang punya potensi besar. Selain oya juga melihat potensi lain yaitu pengolahan air laut menjadi air bersih yang layak minum. Air laut diperairan NTT sangat bagus untuk diolah menjadi air baku. Tapi teknologi pemurnian air lau menjadi air tawar layak konsusmsi sedikit lebih mahal ketimbang mengolah air kali untuk konsumsi dan kebutuhan masyarakat.
Selain masalah air, Whang juga mengaku bahwa pihaknya melirik untuk melakukan investasi lain, seperti membuat pabrik semen.
Memang Kupang sudah ada pabrik semen, tapi produksi semen oleh PT. Semen Kupang belum mencukupi kebutuhan warga dengan kapsitas produksi. Selain pihaknya juga melirik untuk melakukan ivenstasi pembuatan aspal hotmix. Dari hasil survei kami menemukan aspal yang ada mutunya kurang baik dan kami melirik untuk membuat pabrik aspal,” Katanya.
Walau demikian, katanya untuk berivenstasi di Kupang pihaknya masih mmepelajarinya dulu karena kedatangan mereka hanya melakukan penjajakan, dari hasil penjajakan pihaknya akan membuat semacam laporan hasil kerja kemudian diberikan kepada pemerintah Kota Kupang apakah penawaran akan disetujui atau tidak. Jika disetujui maka pihaknya berjanji mulai tahun 2016 mendatang pihak Western Star Technologi siap melakukan investasi di Kota Kupang.(mas)

Berikan Komentar Anda.