Home Daerah Pemkot Kupang Susun Ranperda Disabalitas

Pemkot Kupang Susun Ranperda Disabalitas

187
0
SHARE

Kupang, Terasntt.com – Pemerintah Kota (Pemkot) saat ini sedang menyusun Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Disabilitas. Upaya ini dilakukan dalam rangka mewujudkan Kota Kupang sebagai Kota ramah Disabilitas.

Kepala Bagian Hukum Setda Kota Kupang, Alan Girsang yang ditemui di Balai Kota, Selasa, (12/3/2018) mengatakan, beberapa waktu lalu, Pemerintah Kota Kupang, melalui Dinas Sosial Kota Kupang dan Bagian Hukum melakukan kunjungan ke Jember dalam rangka melakukan koordinasi tentang penyusunan Ranperda pemenuhan akan hak-hak disabilitas.

“Hasil koordinasi penyusunan Ranperda itu, sementara dalam proses penyusunan oleh tim. Tim ini terdiri dari Dinsos, Bagian hukum, akademisi dan tim penyusunan perancangan peraturan dari Kanwil Hukum dan HAM.l,” kata Girsang.

Jika tak ada halangan, Girsang berharap, Penyusunan Ranperda Disabilitas tersebut sudah bisa duusulkan pada sidang II atau III mendatang.

Sementara itu Kepala Dinas Sosial Kota Kupang, Feliksberto Amaral mengatakan, kunjungan ke Jember dalam rangka pembuatan Perda Disabilitas ini mendapat rekomendasi dari Kementerian Sosial agar dapat mengadopsi Perda Disabilitas yang telah dibuat pemerintah Jember bersama DPRD Jember.

Oleh karena itu, Amaral berharap Perda yang telah diadopsi ini, nantinya dapat membantu kelompok kaum disabilitas yang ada.

Apa lagi, kata Amaral, diketahui Kota Pemerintah Kota Kupang telah memiliki perwakilan penyadang Distabilitas di Lembaga DPRD, yang memiliki kepedulian terhadap kelompok atau organisasi disabilitas di Kota Kupang.

“Dengan adanya Perda Disabailitas tentunya pemerintah kota sudah dapat mengakomodir dan mengatur tentang hak dan kewajiban kaum disabilitas,” tutup Amaral. (raf)

Berikan Komentar Anda.