Home Daerah Pemkot Kupang Verifikasi Calon Penerima Beasiswa

Pemkot Kupang Verifikasi Calon Penerima Beasiswa

65
0
SHARE

Kupang,Terasntt.com,- Pemerintah Kota (Pemkot) Kupang, melalui Badan Keuangan Daerah Kota Kupang saat ini sedang melakukan verifikasi data calon penerima beasiswa untuk mahasiswa dari keluarga kurang mampu yang tersebar di enam kecamatan di Kota Kupang.

Kepala Badan Keuangan Daerah Kota Kupang,Jefri Pelt yang ditemui dilokasi kegiatan tepatnya di alun-alun Balai Kota Kupang, Jumat ( 7/12) mengatakan, secara kuota penerima beasiswa dari dinas teknis yakni Dinas Pendidikan calon penerima sebanyak 2000 lebih.

“Kami tentunya tidak bisa menunggu hingga 2000 baru dilakukan verifikasi, karena bisa saja sampai habis tahun anggaran dana tersebut tidak dapat teralisasi.Untuk itu dengan data pemohon yang sudah diserahkan dari dinas teknis  ke kami yakni  kurang lebih1000 lebih ini mulai diverifiaksi oleh kami,” ungkap Jefri.

Menurut Jefri, verifikasi yang dilakukan ioleh Badan Keungan ink guna mengecek akan data awal yang dimasukkan mereka dengan dokumen aslinya, dengan didampingi dinas teknis yakni Dinas Pendidikan selaku pelaksana.

“Sebelum masuk ke tahapan penyaluran beasiswa ini, kami di Badan Keuangan Daerah selaku pelaksana penyaluran melakukan verifikasi keabsahan dokumen dari para calon penerima,” kata Jefri.

Jefri menjelaskan, penyaluran beasiswa bagi calon penerima dilakukan sistim penyaluran non tunai, yang mana uangnya akan di tranfer melalui rekening penerima masing-masing melalui Bank Kas Daerah yakni Bank NTT nantinya.

“Ya dalam verifikasi ini jika sudah 50 persen, kami akan luncurkan sehingga tidak  menumpuk,” ujar Jefri.

Jefri berharap, tujuan dari bantuan tersebut untuk membantu meringankan kebutuhan mahasiswa dalam perkuliahan, sehingga dengan bantuan yang nilainya tidak terlalu besar nilainya yakni Rp. 2.500.000.000 dapat digunakan secara baik demi pendidikan mereka.

“Bantuan yang diberikan oleh pemerintah ini adalah bagian dari kepedulian pemerintah bagi masyarakat dalam bidang pendidikan, sehingga pemerintah mengintervensi anggaran bagi mahasiswa khusus jenjang S1,” tutu Jefri.

Sementara itu Ingrit salah satu pemohon penerima beasiswa asal Kelurahan Kayu Putih Kecamatan Oebobo mengatakan, perhatian pemerintah kota melalui bantuan beasiwa bagi mahasiswa adalah suatu kebanggan.Karena bantuan beasiswa ini dapat membantu meringan beban perkulihan.

“Orang tua saya adalah wirasuasta tentunya soal dana pendidikan bagi saya juga agak berat, sehingga melalui bantuan dapat mengurangi beban dalam membayaran perkulihan saya,” kata Ingrit  Mahasiswa Jurusan Administrasi Bisnis  Undanan Kupang tersebut.

Ingrit mengaku, beasiswa yang diterima akan digunakan membayar regis pada bulan Januari nanti.

“Saya berharap perhatian pemerintah dalam bentuk beasiswa ini kedepan bisa dinaik dari Rp. 2.500.000.000, menjadi Rp. 3.000.000 lebih. Karena standar regis bagi kami paling tinggi Rp.3.000.000, dan terendah Rp.2.500.000.000,” pinta Ingrit. (Yon)

Berikan Komentar Anda.