Pemprov – DPRD NTT Bangun Komitmen Dukung TdF

Pemprov – DPRD NTT Bangun Komitmen Dukung TdF

305
0
SHARE
Foto : Thomas Duran

Advetorial :

LABUAN BAJO, Terasntt.com — Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) dan DPRD membangun komitmen bersama mendukung lomba balap sepeda internasional Tour de Flores (TdF) pada tahun – tahun yang akan datang.

Tour de Flores akan menjadi event tetap tahunan Pemprov NTT bekerja sama dengan seluruh pemerintah kabupaten sedaratan Flores.

” Selalu ada yang berbeda pemikiran dan pendapat, tapi bagi kami melihat manfaat yang akan diperoleh. Manfaat itu, tentu dirasakan tidak hari ini. Mungkin satu tahun ke depan, mungkin dua tahun kedepan, atau tiga hingga empat tahun mendatang. Manfaat yang dirasakan, pertama adalah infrastruktur jalan raya dari ujung ke ujung Flores menjadi lebih baik,” tegas Gubernur Lebu Raya usai menghadiri penutupan lomba balap sepeda internasiolan TdF di Labua Bajo, Rabu (19/7/2017).

Selain itu promosi tentang pariwisata di Flores sangat luar biasa, karena dalam kurun waktu satu minggu menjadi tranding topik pemberitaan media masa di seluruh dunia tentang TdF.

Karena itu orang terus mengenal dan berdatangan ke Flores.

Karena itu, lanjut Lebu Raya pihaknya tengah mendorong pembenahan infrastruktur yang ada.

” Kita tidak bisa serentak menyelesaikan seluruh permasalahan infrastruktur, tetapi terus dibenahi dari waktu ke waktu. Baik itu jalan rayanya, listrik, air bersih dan sarana perhotelan dan lainnya. Dan dengan cara ini sudah pasti para investor yang berinvestasi dibidang pariwisata akan berminat membangun di daerah ini,” tegasnya.

Satu contoh, katanya saat peserta TdF ada Borong terkait penginapan harus dibenahi, dari sisi sarana perhotelan supaya kedepan semakin lebih baik.

” Saya mohon dukungan dari seluruh masyarakat untuk mendukung event balap sepeda bertaraf internasional ini,” tegasnya.

Menurutnya, TdF merupakan upaya branding pariwisata NTT khususnya di Flores. Pelaksanaan TdF tahun yang kedua ini, sudah terasa adanya peningkatan kunjungan wisatawan mancanegara semakin banyak.

Demikian juga disampaikan Ketua DPRD NTT, Anwar Pua Geno, bahwa sisi lain dari event TdF adalah upaya menumbuhkan rasa kecintaan terhadap tanah air, rasa kebanggaan terhadap potensi yang dimiliki oleh negeri ini.

” Kegiatan ini sangat positif untuk NTT. Orang Flores akan semakin bangga karena daerah ini semakin terkenal dan event ini mengangkat Flores ke kanca internasional,” katanya.

Untuk itu, lanjut Pua Geno jika diukur misalnya dampak langung 10 sampai 20 miliar maka itu sangat keliru, karena TdF ini event internasional yang berdampak jangka panjang.

” Ini juga akan menimbulkan kebanggaan tersendiri bagi masyarakat Flores karena daerah ini akan semakin terkenal. Tentu saja dampak langsung atau direct impactnya adalah daerah ini semakin ramai dari ujung ujung Pulau Flores di timur sampai ke Manggarai Barat,” ujarnya.

Dengan adanya event ini, lanjutnya tentu akan meningkatkan jumlah wisatawan baik mancanegara maupun wisatawan nusantara. Karena menjadi tranding topic pemberitaan media di seluruh dunia.

Hal ini membuat orang semakin penasaran dan ingin tahu, yang kemudian membuat orang ingin datang ke daerah ini.

Bahwa ada kekurangan itu pasti, tetapi dengan kekurangan tersebut kita dapat melakukan evaluasi untuk memperbaikinya.

” Sesuatu yang besar biasanya diawali dengan kritikan. Namun hal positif ini perlu dilakukan dengan selalu mengevaluasi kelemahan dan kekurangan agar lebih ditingkatkan dapa ivent lanjutan,” katanya.(mas)

Berikan Komentar Anda.