Home Daerah Penderita HIV/AIDS di Kota Kupang Didominasi Pekerja Swasta

Penderita HIV/AIDS di Kota Kupang Didominasi Pekerja Swasta

54
0
SHARE

Kupang, Terasntt.com,- Penderita HIV/AIDS di Kota Kupang menurut data sejak tahun 2000 sampai dengan Bulan April 2019 di dominasi pekerja swasta.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Kupang, dr.Ari Wijana melalui Kepala Bidang P2P Dinkes Kota Kupang, Sri Wahyuningsi kepada wartawan, Rabu (10/7) mengatakan, secara data Dinkes Kota Kupang menurut pekerjaan  sejak tahun 2000 sampai dengan Bulan April 2019 dominasi pekerja swasta yakni sebanyak 17 persen.

Dan untuk urutan kedua, lanjut Sri adalah Ibu Rumah Tangga (IRT) yakni sebanyak 12 persen, serta urutan ketiga WPSL yakni sebanyak 10 persen.

“Sementara yang lainnya tidak terlalu besar secara presentase  seperti tukan ojek sebanyak 6 persen, supir 5 persen, pelaut 5 persen, PNS 8 persen, mahasiswa 6 persen, TKI 5 persen, buruh 5 persen,dan  tani 6 persen, serta TNI/Polri sebesar 6 persen,” kata Sri

Dikatakan Sri, terkait dengan kasus HIV/AIDS yang terjadi menurut pekerjaan tersebut, maka upaya pencegahan akan penyebaran penyakit tersebut jajaran Dinkes Kota Kupang bersinergi bersama semua pihak terkait yakni KPA, Kecamatan, kelurahan, WPA, tokoh masyarakat, tokoh agama, kelompok pemuda, LSM serta dinas terkait lainya guna melakukan penyuluhan akan bahaya HIV/AIDS kepada masyarakat.

“Selain penyuluhan kami juga melakukan kegiatan lain yang berkaitan dengan upaya pencegahan yakni melakukan pemeriksaan pada klinik VCT ada , dan pemeriksaan ibu hamil pada tiap Puskemas yang ada di kota ini serta dilakulan zero survei ,” tutur Sri.(Yon)

 

Berikan Komentar Anda.